04 September 2020, 16:37 WIB

Gibran Daftar ke KPU Diiringi Arak-arakan Sepeda dan Andong


Antara | Politik dan Hukum

PASANGAN bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa mendaftarkan diri sebagai calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dengan mengenakan pakaian adat Jawa, pada Jumat (4/9).
 
Pasangan balon yang diusung PDIP Pilkada Surakarta saat pendaftaran sebagai calon akan mengenakan pakaian adat Jawa Solo, kata Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, di Kantor DPC PDIP Surakarta, Jateng, hari ini.

Gibran-Teguh diiringi dengan naik sepeda bersama ketua-ketua partai baik pengusung maupun pendukung kemudian diiringi tujuh andong atau kereta kuda menuju ke kantor KPU Surakarta.

Baca juga: Tidak Hanya Arak-arakan, Pendukung Eri-Armuji Gelar Pentas Seni

Bahkan, pasangan balon bersama perwakilan yang boleh masuk ke ruangan pendaftaran di KPU hanya 12 orang, sedangkan yang mengantar totalnya sebanyak 30 orang dengan naik sepeda semua.

Pasangan Gibran-Teguh bersama rombongan berangkat dari DPC PDIP Surakarta, Jumat (4/9) sekitar pukul 14.00 WIB. Namun, pasangan Gibran-Teguh sebelum berangkat ke KPU dilakukan doa bersama dengan mengundang Lintas Agama Kota Surakarta, dan ketua partai lainnya sebagai pendukung yakni Golkar, PAN, PPP, Gerindra, PKB, NasDem, dan PSI.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memerintahkan agar tahapan Pilkada serentak 2020 menerapkan protokol kesehatan. Tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang berlangsung hari ini hingga Minggu (6/9) dilarang mengerahkan masa atau konvoi.(OL-4)

BERITA TERKAIT