04 September 2020, 15:00 WIB

KostraTani Lamsel Fokus Manfaatkan Lahan Tidur


Eva Pardiana | Nusantara

KEGIATAN panen semangka tanpa biji mengawali kegiatan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Ia diajak Bupati Nanang Ermanto memetik semangka pada lahan pekarangan rumah jabatan bupati.

Lahan budidaya tanaman hortikultura tersebut semula lahan tidur, yang kemudian dikembangkan Bupati Nanang Ermanto menjadi lahan produktif. Pemanfaatan tersebut kemudian berkembang di seluruh Lamsel bersama petani, penyuluh dan warga setempat.

"Setelah pandemi Covid-19, kami dihadapkan pada dilema, khususnya ketahanan pangan. Akhirnya, kita memilih memanfaatkan lahan-lahan tidur. Hasilnya positif, kita sekarang bisa panen melon dan semangka," kata Bupati Nanang, kemarin.

Menurut Bupati Nanang, kesungguhan dan keberhasilan pemerintah kabupaten memanfaatkan lahan tidur kemudian disampaikan kepada warga setempat, untuk bersama-sama memanfaatkan lahan tidur.

Dedi Nursyamsi mengaku salut dan mengapresiasi niat, tekad dan kerja keras Bupati Lamsel memanfaatkan lahan tidur, karena seruan serupa digaungkan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo terhadap lahan tidur.

"Menjaga ketahanan pangan menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Insan pertanian, jangan berhenti menanam. Manfaatkan semua lahan yang ada, karena kita harus memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia." katanya mengutip seruan Mentan.

Kegiatan panen semangka, diakui Dedi Nursyamsi sebagai bukti antusias dan keseriusan Bupati Lamsel terhadap sektor pertanian, termasuk pada pengembangan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menjadi model Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani).

"Saya begitu bangga melihat lahan cukup luas ini. Bupati begitu antusias terhadap pertanian. Siang ini saya ikut panen semangka. Rasanya luar biasa manis. Bukti Lamsel mendukung penuh ketahanan pangan nasional," katanya.

Dedi Nursyamsi meyakini pembangunan pertanian di Lamsel akan berjalan lancar, apalagi ide dan dukungan Bupati Nanang Ermanto memanfatkan lahan tidur. "Kalau bupati mendukung, semua pasti mendukung."

Apresiasi terhadap KostraTani dikemukakan Bupati Lamsel, yang akan didukung Pemkab Lamsel lantaran tujuan utama meningkatkan kemampuan SDM pertanian baik petani, kelompok tani (Poktan), Gapoktan, kelompok wanita tani (KWT),
dan utamanya penyuluh pertanian.

"Kostratani ini luar biasa. Apalagi gerakan Kostratani untuk meningkatkan kemampuan SDM pertanian. Kita juga siap support dengan pelatihan di BPP dan UPT yang kita harapkan membantu Poktan," kata Bupati Nanang. (OL-13)

Baca Juga: Banjir Meluas Ribuan Rumah di Dua Kabupaten di Kalsel Terendam

BERITA TERKAIT