04 September 2020, 14:03 WIB

Guru Besar UI Minta Pembukaan Bioskop Dibatalkan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GURU Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Profesor Ascobat Gani meminta agar Pemprov DKI Jakarta membatalkan rencana pembukaan bioskop.

Menurutnya, potensi transmisi virus di ruang tertutup seperti bioskop sangat tinggi. Tak hanya itu dari segi ekonomi, bioskop bukanlah termasuk industri padat karya yang bisa merekrut banyak tenaga kerja.

"Jadi kalau dari segi ekonominya dilihat dulu, dikaji dulu. Saya rasa kan nggak banyak pegawainya ya bioskop. Paling hanya satpam, petugas kebersihan, karcis dan konsumsi," kata Ascobat dalam webinar Bincang-Bincang Covid-19, Kamis (3/9).

Sealin itu, dari segi pendapatan, bioskop harus dikaji dan dibandingkan dengan biaya (cost) risiko yang timbul akibat penularan virus covid-19 yang terjadi.

Menurutnya, untuk membuka suatu sektor, pemerintah pusat maupun daerah bukan hanya mempertimbangkan dari sisi jumlah tenaga kerja yang diserap dan keuntungannya melainkan juga biaya untuk menanggung faktor risiko yang ditimbukan.

"Jadi harus dikaji 'benefit' dan 'cost' risikonya. Kalau dihitung-hitung lebih banyak potensi 'cost' risikonya ya lebih baik tidak usah," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT