04 September 2020, 13:35 WIB

Tujuh Kepala Dinas dan 31 Pegawai Pemkab Sidoarjo Positif Covid-19


Heri Susetyo | Nusantara

SEBANYAK tujuh kepala dinas dan 31 pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dinyatakan positif covid-19 setelah diadakan swab test massal secara bergilir.

Tidak disebutkan kepala dinas mana saja yang dinyatakan positif covid-19. Sementara, 31 pegawai pemkab yang positif covid-19 tersebut adalah aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN.

Pasca-meninggalnya pelaksana bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin pada 22 Agustus, para pegawai di lingkungan Pemkab Sidoarjo harus melakukan uji swab secara bergilir.

Dari hasil uji swab pada 759 pegawai Pemkab Sidoarjo, ternyata ada 38 orang yang dinyatakan positif covid-19. Tujuh di antara mereka yang positif tersebut adalah kepala dinas. Jumlah pegawai di lingkungan Pemkab Sidoarjo yang positif covid-19 diperkirakan masih terus bertambah. Sebab uji swab tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini.

"Saya baru saja dapat info, ada dua lagi nyusul (positif covid-19)," kata pelaksana harian Bupati Sidoarjo Achmad Zaini, Jumat (4/9).

Baca juga: Aktivitas Kantor DPRD Sidoarjo Berjalan Normal

Para pegawai yang positif covid-19 tersebut harus diisolasi selama 14 hari di sejumlah tempat yang sudah ditentukan pemkab setempat. Meskipun sejumlah kepala dinas positif covid-19, pelayanan di lingkungan Pemkab Sidoarjo masih berjalan.

Hanya saja sistem kerja diubah, yaitu 50% pegawai bekerja di rumah dan 50% lainnya bekerja di kantor dan bergantian setiap satu minggu. Hal ini untuk menjaga physical distancing dan menekan penularan covid-19.

Hingga Jumat ini, Kabupaten Sidoarjo masih menduduki peringkat kedua jumlah pasien positif setelah Kota Surabaya. Jumlah pasien positif di Sidoarjo sudah mencapai 5.276 orang dan 340 orang di antaranya meninggal dunia. Sementara yang sembuh semakin meningkat sebanyak 4.050 orang.(OL-5)

BERITA TERKAIT