04 September 2020, 09:50 WIB

Itwasum Polri Rutin Awasi dan Periksa Kinerja Polres


RO/Micom | Politik dan Hukum

TIM Inspektorat Pegawasan Umum (Itwasum) Mabes Polri rutin melakukan pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) di seluruh polres di Indonesia.

Tim, pada 24 Agustus sampai 2 September lalu melakukan wasrik bidang pelaksanaan dan pengendalian di jajaran Polda Jawa Timur. Tim dipimpin Inspektur Wilayah (Irwil) IV, Brigjen Ade Rahmat Suhendi.

Ketua Tim Wasrik Kombes Susetio Cahyadi menyampaikan wasrik di jajaran Polda Jatim merupakan kegiatan rutin. Kegiatan ini meliputi aspek pelaksanaan dan pengendalian pada bidang manajemen operasional, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan anggaran keuangan yang berkaitan dengan Tupoksi Polda Jatim tahun anggaran 2020.

Menurutnya, pengawasan intern ini merupakan salah satu fungsi manajemen untuk mengontrol kinerja dan aktivitas unit organisasi sesuai dengan tugas pokok dan rencana kerja masing-masing fungsi.

Tugas pokok dan rencana masing-masing fungsi tersebut, lanjut Susetio, untuk mewujudkan visi dan misi organisasi serta tugas dan tanggung jawab kesatuan, baik di bidang manajemen operasional, sumberdaya manusia, sarana prasarana, dan anggaran keuangan.

"Wasrik ini bukan hanya melibatkan internal Polri, namun juga didampingi dari pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tim dari BPKP ini bertindak sebagai konsultan dalam kegiatan ini," kata dia.

Hasil Wasrik tersebut, kata Susetio, akan menjadi bahan kajian bagi pimpinan Polri untuk mengetahui sejauh mana kebijakannya diimplementasikan oleh jajarannya di Polda Jatim.

Implementasi kebijakan pimpinan Polri oleh Polda Jatim tersebut, mengacu pada tiga aspek yang telah ditentukan. Ketiga aspek tersebut, adalah sejauh mana efektivitas sistem pengendalian intern dilakukan.

"Kedua, sejauh mana kepatuhan terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku. Terakhir, sejauh mana penerapan prinsip ekonomis, efektif, dan efisien serta mengukur keberhasilan dan kendala di satuan kewilayahan," katanya.

Mantan Kapolres Jakarta Utara ini mengungkapkan, Polda Jatim mempunyai 39 polres dan sejumlah satuan kerja yang menjadi objek wasrik. (J-1)

BERITA TERKAIT