04 September 2020, 07:24 WIB

Rusia Menang Telak Atas Serbia di Liga Negara UEFA


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

RUSIA mengawali penampilan di Liga Negara UEFA 2020/2021 dengan kemenangan 3-1 atas Serbia, pada pertandingan yang dimainkan di VTB Arena, Moskow, Jumat (4/9) dini hari WIB.

Pada pertandingan Divisi B Grup 3 (B3) itu, semua gol tercipta pada babak kedua.

Penalti Artem Dzyuba pada menit 48 membuka keunggulan Rusia sebelum Vyacheslav Karavaev menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit 69.

Serbia mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol Aleksandar Mitrovic pada menit 78 tetapi Rusia berhasil merestorasi keunggulan dua gol melalui gol kedua Dzyuba, tiga menit kemudian.

Baca juga: Menang Tipis Atas Finlandia, Wales Puncaki Klasemen

Kemenangan itu membawa Rusia memuncaki klasemen Divisi B Grup 3 dengan koleksi tiga poin, sedangkan Serbia harus menduduki posisi juru kunci
dengan nol poin.

Pada awal babak pertama, Serbia mampu meladeni permainan tuan rumah, bahkan nyaris mengonversi gol pada menit ke-22 melalui sepakan Sergej Milinkovic-Savic. Namun, setelah itu, mereka tidak mampu memberi ancaman serius ke gawang Rusia.

Rusia mendapat hadiah penalti pada awal babak kedua akibat pelanggaran yang dilakukan Strahinja Pavlovic terhadap Zelimkhan Bakaev di kotak terlarang. Dzyuba yang menjadi eksekutor kemudian mengarahkan bola ke sudut gawang untuk mengecoh kiper Serbia.

Karavaev menggandakan keunggulan Rusia saat ia berlari kencang di sisi kiri, kemudian bergerak memotong, dan mengarahkan bola ke sudut atas gawang tanpa dapat dihentikan kiper Marko Dmitrovic.

Serbia mampu memanfaatkan kelengahan Rusia untuk memperkecil ketertinggalan, melalui pergerakan Darko Lazovic yang kemudian mengirim
umpan untuk diselesaikan Mitrovic.

Tetapi Rusia masih mampu mengemas gol ketiga saat kesalahan yang dilakukan Maksimovic membuat kapten Dzyuba leluasa melepaskan sepakan kaki kiri membobol gawang tim tamu.

Pada pertandingan Divisi B Grup 1 lainnya, tendangan bebas Dominik Szoboszlai membawa Hongaria menang 1-0 atas tuan rumah Turki.

Tendangan bebas Szoboszlai pada menit ke-80 itu sempat membentur tiang gawang, yang membuat kiper Turki Ugurcan Cakir tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah gawangnya kemasukan.

Hasil itu membuat Hungaria menduduki peringkat kedua klasemen Divisi B dengan koleksi tiga poin, sedangkan Turki berada di posisi ketiga dengan nol poin. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT