04 September 2020, 07:07 WIB

Dua Pasien Covid-19 Meninggal Dunia di Klaten


Djoko Sardjono | Nusantara

GUGUS Tugas Pencegahan dan Pengendalian (Gusgas PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengumumkan ada penambahan satu pasien sembuh, empat terkonfirmasi positif, dan dua pasien meninggal dunia, Kamis (3/9).

Pasien yang dinyatakan sembuh adalah warga Prambanan. Kemudian, empat pasien positif baru berasal dari Wonosari, Klaten Utara, Jatinom, dan Tulung. Dan, dua pasien yang meninggal dunia adalah warga Juwiring dan Polanharjo.

Dengan penambahan pasien sembuh, positif, dan meninggal dunia, jumlah pasien positif akumulatif di Klaten menjadi 388 orang. Sebanyak 184 orang sembuh, 189 dirawat di rumah sakit/isolasi, dan 15 orang meninggal dunia.

Baca juga: Meski Masih Positif Covid-19, Warga Halut Nekad Ikut Tes CPNS

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gusgas PP Covid-19 Cahyono Widodo, Kamis (3/9) sore, seraya mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Pasien positif yang dinyatakan sembuh dan boleh pulang pun tetap diharuskan menjalankan ketentuan isolasi mandiri di rumah minimal selama tujuh hari. Selain itu, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sementara, Asisten I Rony Roekmito mengatakan kesadaran masyarakat untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku dirasakan masih  kurang. Terbukti, setiap digelar razia masker banyak warga yang terjaring.

"Jadi, peningkatan kasus positif di Klaten, karena masih banyak warga  tidak menaati protokol kesehatan. Maka, kegiatan razia masker ditingkatkan untuk menekan laju pertambahan pasien positif covid-19," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT