04 September 2020, 01:10 WIB

PDIP Siap Bertarung di Pilkada Jabar


Bayu Anggoro | Nusantara

PARTAI politik mulai mendaftarkan kandidat yang akan diusung dalam pilkada serentak 2020 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran di masa-masa awal diklaim sebagai bukti keseriusan dalam pengusungan  sehingga tidak mencerminkan adanya unsur transaksional.

Seperti yang dilakukan PDI Perjuangan Jawa Barat akan mendaftarkan kandidatnya pada hari pertama pendaftaraan, Jumat (4/9). Dalam pilkada serentak 2020 di Jabar, PDIP akan bertarung di delapan kabupaten/kota.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Sukur H Nababan memastikan pihaknya sudah menyerahkan formulir B1-KWK kepada
delapan pasangan calon yang akan bertarung. "Formulir B1-KWK ini bukan sekedar syarat untuk mendaftar di KPU, tapi sebagai simbol bahwa kandidat ini adalah wakil PDI Perjuangan di daerah," katanya, Kamis (3/9).

Adapun delapan pasangan calon kepala daerah yang diusung partai berlambang banteng moncong putih adalah Jeje Wiradinata-Ujang Sendin  Indrawan untuk Kabupaten Pangandaran), Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin (Kabupaten Tasikmalaya), Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin (Kabupaten Cianjur).

Selanjutnya Pradi Supriatna-Afifah Alia (Kota Depok), Yesi Karya Lianti-Adly Fairuz (Kabupaten Karawang), Yena Iskandar Maksoem-Atep (Kabupaten Bandung), Nina Agustina Da'i Bachtiar-Lucky Hakim (Kabupaten Indramayu), serta Abubakar Sidiq dan Sirojudin (Kabupaten Sukabumi).

Di sisi lain, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan pendaftaran di hari pertama ini menandakan kesiapan PDI Perjuangan dalam memenangkan pilkada kali ini. "Karenanya di pilkada serentak 2020, DPP PDIP menginstruksikan daftar serentak di KPU pada hari pertama," katanya.

Sesuai tahapan pendaftaran bakal calon pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung partai politik maupun jalur perseorangan dibuka pada 4-6 September 2020. Lebih lanjut, dia menginstruksikan agar semua mesin partai untuk bergerak untuk memenangkan semua pasangan calon  yang diusung.

Seluruh kader diminta untuk memenangkan konstetasi politik mendatang. "Kami menginstruksikan agar seluruh kader yang daerahnya menggelar pilkada bergotong-royong memenangkan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan," serunya. (R-1)

BERITA TERKAIT