04 September 2020, 00:55 WIB

Djokovic Melaju, Pliskova Terganjal


MI | Olahraga

LAJU petenis putra terbaik dunia, Novak Djokovic, belum terhadang di ajang grand slam AS Terbuka, kemarin.

Sebaliknya di sektor putri, unggulan teratas Karolina Pliskova sudah harus angkat koper. Tampil di babak kedua menghadapi petenis Inggris Kyle Edmund, Djokovic sempat kehilangan set pertama setelah kalah tie-break 5-7. 

Namun, di tiga set selanjutnya, petenis asal Serbia itu tampil dominan sehingga melenggang ke babak ketiga dengan kemenangan 6-7 (5/7), 6-3, 6-4, 6-2. Ini merupakan kemenangan ke-25 Djokovic, tanpa pernah kalah sepanjang tahun ini.

“Secara mental, Kyle memainkan set pertama yang fantastis, tidak melakukan banyak kesalahan, dia melakukan servis dengan sangat baik dan agresif dari belakang lapangan. Biasanya forehand-nya adalah senjata, tapi backhandnya, terutama di set pertama, sangat kuat, sangat solid.” kata Djokovic yang di babak ketiga ditantang Jan-Lennard Struff asal Jerman.

“Saya memainkan pertandingan ketat melawan dia (Jan-Lennard) di Western dan Southern Open, tetapi di sini kondisinya berbeda,” kata Djokovic.

Di sektor putri, kejutan besar dilakukan petenis Prancis Caroline Garcia yang mendepak unggulan utama asal Republik Ceko Karolina Pliskova dengan keunggulan dua set langsung, 6-1, 7-6 (7/2). 

Pliskova yang merupakan petenis peringkat ke-3 dunia itu tak kuasa menahan gempuran Garcia dalam pertandingan yang digelar di Stadion Louis Armstrong, Flushing Meadows.

Garcia tampak tak tersentuh di set pertama dan di sebagian besar set kedua, Garcia melepaskan 30 pukulan winners dan mematahkan servis Pliskova. Ia memenangi pertandingan hanya dalam tempo satu setengah jam.

“Dia (Pliskova) adalah pemain top, jadi jika Anda menunggu dia melakukan kesalahan itu tidak akan pernah terjadi,” ucap Garcia dilansir dari WTA.

Sementara itu, petenis Jepang Naomi Osaka tampil prima untuk melenggang ke babak ketiga dengan mengalahkan petenis Italia Camila Giorgi dengan 6-1, 6-2. Osaka seperti tidak merasakan cedera hamstring yang memaksanya mundur di laga final turnamen Western & Southern Open, akhir pekan lalu. (ATPTour/AFP/Rif/R-2)

BERITA TERKAIT