03 September 2020, 22:03 WIB

10 Santri di Banyuwangi Dinyatakan Sembuh dari Covid-19


Usman Afandi | Nusantara

SEBANYAK 10 santri dari Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dinyatakan sembuh dari virus korona (Covid-19).

Hal itu di sampaikan oleh, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Banyuwangi, Widji Lestariono, pada Kamis (3/9). Pihaknya mengatakan, pasien sembuh dari covid-19 hari ini sebanyak 12 pasien. Enam di antaranya merupakan santri, sebelumnya ada empat santri yang dinyatakan sehat, sehingga total keseluruhan santri yang dinyatakan sembuh ada 10 orang.

‘’Santri yang dinyatakan sembuh terus bertambah dan kini mencapai 10 santri. Angka ini akan terus bertambah seiring dengan masa isolasi santri yang sudah terpenuhi," kata, Widji Lestariono, dalam keterangan rilis resmi yang di terima mediaindonesia.com , Kamis (3/9).

Lanjut Rio mengungkapkan, dalam penaganan pasien korona, kususnya klaster Pondok Pesantren, pihaknya sangat optimistis banyak santri yang akan sembuh, karena santri-santri tersebut tergolong OTG dan bergejala ringan.

Baca juga :Kasus Covid-19 di Bali Bertambah 174 Orang

"Di samping usianya yang rata-rata masih muda sehingga daya tahan tubuhnya juga masih fit. Jadi saat masa isolasi selesai, juga diperiksa kondisinya baik dan tidak bergejala, maka dinyatakan sembuh,’’ Ungkap Rio, panggilan akrab Widji Lestariono.

"Kami juga masih terus fokus pada penanganan di pondok pesantren yang dalam masa karantina ini," imbuhnya.

Selain melaporkan adanya pasien sembuh, pihaknya juga melaporkan adanya penambahan 15 kasus baru. Sembilan di antara mereka adalah pasien suspek yang hasil uji swabnya dinyatakan terkonfirmasi covid 19.

"Lalu ada pula enam karyawan yang bekerja di satu kantor. Mereka yang terpapar covid sudah melakukan isolasi, dan kontak erat mereka juga sudah kita lakukan tracing," jelasnya.

Dengan penambahan kasus tersebut, kini data Covid-19 di Banyuwangi per 3 September 2020, sebanyak 830 kasus konfirmasi covid-19, dengan 103 pasien dinyatakan sembuh, dan 13 pasien meninggal dunia. Kini pasien yang masih dalam perawatan ada 714 orang. (OL-2).

 

BERITA TERKAIT