03 September 2020, 20:39 WIB

Kompetisi Piano Ananda Sukarlan Award 2020 Diselenggarakan Daring


Retno Hemawati | Humaniora

Setelah mengalami penundaan, kompetisi piano Ananda Sukarlan Award (ASA) edisi ke-7 tahun 2020 akan diselenggarakan secara daring sepenuhnya, baik di babak semi final maupun finalnya.

Selain itu, sejak tahun ini kompetisi yang paling mapan dan telah menghasilkan banyak pianis unggul sejak 2008 ini telah diambil alih penyelenggaraannya oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan dari Kemendikbud RI.

Kini semua pianis dapat berpartisipasi di ajang yang paling bergengsi ini secara gratis, tanpa biaya pendaftaran sepeserpun. Ini adalah komitmen Kemendikbud untuk mendapatkan SDM unggul di bidang seni serta memapankan identitas Musik Klasik Indonesia.

Pemenang utama, seperti halnya edisi-edisi ASA sebelumnya, akan mendapatkan beasiswa untuk summer course ke Prancis pada 2021 atas sponsor Institut Francais d'Indonesie. Kemendikbud juga akan memberdayakan para pemenang lainnya dalam upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembiayaan kebudayaan.

Batas waktu pengiriman / upload video di YouTube untuk para peserta adalah pada 10 Oktober 2020. Nama peserta yang berhasil masuk final dari setiap kategori akan diumumkan pada hari Selasa, 3 November di website & IG @anandasukarlancenter . Para finalis kemudian harus meng-upload video babak final paling lambat tanggal 25 November. Untuk syarat, ketentuan dan info menjadi peserta, bisa klik http://bit.ly/ASAward2020 .

"Para musikus pemenang ASA kini dituntut untuk menjalankan diplomasi budaya, menunjukkan kekayaan seni dan budaya Indonesia ke dunia luar melalui teknologi," pesan Ananda Sukarlan. (OL-12)

BERITA TERKAIT