03 September 2020, 20:30 WIB

Panen Padi Unggul, Bupati Karolin: Harus Jadi Progam Prioritas


mediaindonesia.com | Ekonomi

PEMERINTAH Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan panen padi demplot varietas unggul Bersertifikat, di Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila, Rabu (2/9/20).

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerja sama antara Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) dengan Unit Pelayanan Teknis Pengawasan Sertifikasi Benih (UPTPSB) Provinsi Kalbar.

Hadir dalam panen padi demplot varietas unggul bersertifikat ini Sekertaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DPPKP Kabupaten Landak, Pengawas Benih Kabupaten Landak, Kepala BP2K Sengah Temila, perwakilan UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak dan anggota kelompok tani Taruna Abadi.

Sekretaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP), Koller Sinaga, turut mendukung dan mengapresiasi kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat (VUB) yang dilaksanakan Kelompok Tani Taruna Abadi, Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila.

"Saya mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat ini dilaksanakan terus-menerus di Kabupaten Landak," ujar Sinaga 

"Dengan adanya kegiatan ini para petani yang ada di Kabupaten Landak dapat mengetahui berbagai varietas padi dengan produksi tinggi, sehingga produksi padi sawah di Kabupaten Landak dapat mencapai swasembada beras," ujar Sinaga.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi teknologi pertanian terutama para petani setempat bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan yang digarap," paparnya.

Sementara itu Pengawas Benih Kabupaten Landak, Benhard Samosir, mengatakan penggunaan varietas unggul bersertifikat menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan produksi padi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk produksi benih padi bersertifikat dalam setiap usaha pertanian, kemudian untuk memperluas penyebaran varietas unggul dan penyerapan penggunaan benih bermutu sesuai daerah lokasi setempat," ujar Benhard.

Ia menjelaskan bahwa ada lima varietas unggul bersertifikat yang dipanen yaitu varietas padjajaran, varietas siliwangi, varietas pamelan, varietas rindang 1, dan varietas rindang 2.

"Dari hasil kegiatan panen yang dilaksanakan hari ini demplot varietas unggul benih bersertifikat di pertanaman ada lima varietas, yang toleran perubahan iklim dan hama penyakit varietas siliwangi, pamelan dan rindang 1, sedangkan varietas padjajaran dan varietas rindang 2 tidak toleran terhadap hama dan penyakit," ujar Benhard.

Mardiro, selaku petani pelaksana dari Kelompok Tani Taruna Abadi, mengatakan dengan adanya kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat di lokasinya, membuat petani disekitar bisa melihat secara langsung jenis padi yang cocok untuk dikembangkan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi dan tehgnologi pertanian, terutama kami selaku petani bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan," jelasnya

"Selama ini petani menanam jenis padi tidak sesuai dengan varietas dan lokasi setempat, Dengan harapan salah satu sarana produksi yang sangat penting dalam upaya meningkatkan produksi pertanian," tambah Mardiro.

Di tempat terpisah, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mendukung program demplot varietas unggul bersertifikat dan menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) yang ada di Kabupaten Landak untuk memprogramkan demplot varietas unggul bersertifikat.

"Saya menghimbau kepada seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) yang ada di Kabupaten Landak untuk memprogramkan demplot varietas unggul bersertifikat dengan tujuan untuk mengenalkan kepada para petani di kecamatan masing-masing untuk menanam atau mengembangkan varietas padi unggul bersertifikat dan telah dilakukan kaji tindak di wilayah kabupaten Landak," tukas Karolin.

Ia menambahkan penanaman padi demplot varietas unggul bersertifikat harus menjadi program prioritas di Kabupaten Landak.

“Karena Bidang pertanian merupakan salah satu fokus utama di kabupaten Landak dan sebagian besar penduduk adalah petani. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, salah satu cara yang kita tempuh mempersiapkan benih padi yang bersertifikat,"Tutup Karolin.

Secara terpisah, Direktur Perbenihan Takdir Mulyadi mengatakan benih bermutu sebagai salah satu pengungkit dan mampu menggenjot produksi.

Untuk menjamin penyediaan benih bermutu, Kementan, melalui Ditjen Tanaman Pangan memfasilitasi bantuan untuk petani berupa sarana produksi benih, pupuk dan pestisida sebagai stimulus.

“Petani juga bisa mengakses permodalan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan," jelas Takdir.

 Ia juga menyampaikan bahwa sesuai arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo, terus mendorong peningkatan produksi padi melalui Pengembangan Petani Produsen Benih Berbasis Korporasi untuk mensejahterakan petani.

Saat diwawancarai, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan benih bermutu sebagai salah satu pengungkit dan mampu menggenjot produksi.

Untuk menjamin penyediaan benih bermutu, Kementan, melalui Ditjen Tanaman Pangan memfasilitasi bantuan untuk petani berupa sarana produksi benih, pupuk dan pestisida sebagai stimulus.

“Petani juga bisa mengakses permodalan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan," jelas Suwandi. (OL-09)

BERITA TERKAIT