03 September 2020, 18:27 WIB

Pemkab Banyumas Ajukan Pinjaman untuk Pemulihan Perekonomian


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyumas Jawa Tengah (Jateng) akan  mengajukan peminjaman dana senilai Rp200 miliar ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dana tersebut akan digunakan untuk pemulihan perekonomian di daerah yang terdampak pandemi covid-19.

"Jadi, dana tersebut akan kita pakai untuk pemulihan perekonomian. Pemkab Banyumas akan ambil kesempatan itu, setelah Kemenkeu mempersilakan kepada daerah untuk mengajukan peminjaman uang tanpa bunga dengan jangka waktu 10 tahun," kata Bupati Banyumas Achmad Husein Kamis (3/9).

Ia mengatakan bahwa dana Rp200 miliar tersebut akan difokuskan pada pemulihan ekonomi nasional (PEN). "Beberapa sektor yang nantinya akan didorong adalah sektor wisata yang menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Ada beberapa destinasi wisata yang dapat dikembangkan nantinya," ujarnya.

Bupati mengatakan pihaknya akan membicarakan rencana peminjaman anggaran senilai Rp200 miliar. Ia mengatakan rencana ini butuh masukan dan dukungan dari berbagai pihak.

"Setelah itu, pekan depan bisa dilanjutkan komunikasi dengan pemerintah pusat. Pinjaman ini harus masuk dalam APBD, yang penting ekonomi tumbuh dan masyarakat dapat bekerja," tambahnya. (R-1)

BERITA TERKAIT