03 September 2020, 18:10 WIB

Pecahkan Rekor, Sumbangan Dana Kampanye Biden Capai US$364,5 Juta


Faustinus Nua | Internasional

KANDIDAT presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mengumpulkan lebih dari USD364 juta pada Agustus. Angka itu memecahkan rekor donasi kampanye bulanan, meskipun upaya penggalangan dana sebagian besar dilakukan secara daring di tengah pandemi virus korona.

Mantan wakil presiden dan Komite Nasional Demokrat menarik total USD364,5 juta, dengan USD205 juta diperoleh secara daring dari, tim kampanyenya mengatakan pada Rabu (1/9).

Rekor sebelumnya dibuat oleh Barack Obama dan DNC pada September 2008. Saat itu presiden dua periode mengumpulkan hampir USD200 juta, menurut laporan CBS dan New York Times.

"Angka itu mengejutkan saya," kata Biden yang berusia 77 tahun dalam pernyataan terima kasih kepada para pendukungnya.

"Lebih dari USD205 juta, atau 57% dari uang yang kami kumpulkan, berasal dari donasi online, dari orang-orang seperti Anda, yang mengumpulkan USD5, USD10, USD20 sekaligus," tambah kandidat presiden tersebut.

"Kami harus terus memecahkan rekor jika kami ingin memastikan kesempatan berjuang untuk memenangkan kontetasi ini," desak Biden kepada para pendukungnya.

"Mesin uang Trump tetap ada dan didukung oleh pihak luar, uang gelap - bukan donor akar rumput seperti Anda semua," kata Biden. "Dan lebih baik Anda percaya bahwa mereka akan menuangkan semuanya ke dalam serangan dan fitnah terhadapku, melawan Kamala, dan melawan kampanye kita."

Pilihan Biden terhadap Senator California Kamala Harris sebagai pasangannya, telah meningkatkan basis donornya. Mereka mengumpulkan USD26 juta dalam 24 jam setelah Biden mengumumkan pasangannya pada 12 Agustus.

Pada bulan Juli, Trump dan Komite Nasional Republik mengumpulkan USD165 juta. Dana itu lebih tinggi dibandingkan dengan USD140 juta untuk Demokrat di bulan yang sama.(CNA/OL-4)

BERITA TERKAIT