03 September 2020, 17:51 WIB

Baru Tiga Desa di Purbalingga Krisis Air Bersih


Lilik Darmawan | Nusantara

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) telah menyuplai kebutuhan air bersih untuk tiga desa yang kini dilanda kekeringan. Tiga desa tersebut adalah Desa Karanganyar dan  Kaliori, Kecamatan Karanganyar dan Desa Kedungbenda, Kecamatan  Kemangkon. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Purbalingga Muhsoni mengatakan krisis air bersih baru dirasakan warga di Purbalingga pada  akhir Agustus. 

"Sampai sekarang, baru ada tiga desa yang mengalami krisis air bersih. Sehingga BPBD langsung melakukan suplai untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Ada tiga desa yang rutin dikirim yakni Kedungbenda di Kemangkon serta Karanganyar dan Kaliori di Karanganyar," kata Muhsoni pada Kamis (3/9).

baca juga: Kekeringan Melanda Sejumlah Wilayah

Dikatakan oleh Mushoni, tahun sekarang sebetulnya telah dialokasikan 1.355 tangki air bersih untuk mengantipasi kekeringan. Hal itu didasarkan pada pengalaman kemarau tahun sebelumnya, di mana ada lebih  dari 90 desa yang mengalami krisis air bersih. 

"Tetapi tahun ini, kekeringan baru dirasakan beberapa desa saja. Sebab, tahun sekarang merupakan kemarau basah sehingga baru akhir Agustus dirasakan krisis air 
bersih," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT