03 September 2020, 16:34 WIB

Nakes Positif Covid-19, RSUD Martapura Tutup Sementara


Dwi Apriani | Nusantara

SEORANG tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Martapura, OKU Timur, Sumatera Selatan dinyatakan positif covid-19. Untuk menjaga kemungkinan menyebarkan covid-19, manajemen rumah sakit milik daerah tersebut mengambil kebijakan menutup sementara layanan IGD dan ruang inap hingga 15 September 2020.

Direktur RSUD Martapura, Dedy Dahmudy mengatakan, tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Martapura itu dinyatakan positif pada Rabu (2/9). "Kita menutup layanan IGD dan ruang inap secara keseluruhan hingga 15 September nanti. Semua pegawai yang bekerja di rumah sakit juga diminta isolasi mandiri," jelasnya.

Diketahui tenaga kesehatan tersebut tertular dari salah satu pasien, yakni kasus 29, yang meninggal dunia dengan status positif covid-19. Saat ini pihaknya masih mendata dan menelusuri orang yang kontak dekatnya.

"Tentu kita prihatin dengan kondisi ini. Karenanya kami minta semua yang bekerja di rumah sakit ini untuk isolasi mandiri dulu. Saya juga minta agar kita semua terus menjaga kesehatan masing-masing dan tetap menerapkan pola hidup sehat serta menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 OKU Timur, Yakub mengatakan dari tujuh orang tenaga kesehatan yang menangani pasien kasus 29 itu, sudah lakukan tes usap. Namun dari hasil tes tersebut, satu tenaga kesehatan positif covid-19.

"Satu tenaga kesehatan di RSUD Martapura dinyatakan positif dari tujuh orang yang kita kirimkan  beberapa hari lalu ke BBLK Palembang," kata Yakub.

Pihaknya kini terus tracing dan tracking dilakukan kepada semua pihak yang pernah kontak dengan tenaga kesehatan tersebut. “Tracking masih terus kita lakukan, kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada dan selalu patuh dan taati protokol kesehatan," pungkasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT