03 September 2020, 15:55 WIB

Tes Massal yang Akurat jadi Kunci Tangani Covid-19


Atalya Puspa | Humaniora

Wakil Kepala Lembaga Eijkman Herawati Sudoyo mengungkapkan, meningkatkan jumlah pemeriksaan tes covid-19 menjadi kunci untuk menekan laju penyebaran virus. Pasalnya, dengan tes yang masif, kasus lebih cepat ditemukan dan penanganan pun bisa dilakukan semakin cepat.

"Testing sebagai garda terdepan. Kapasitas tes yang masif dan mumpuni harus menjadi strategi terdepan pemerintah untuk menekan laju penularan covid-19 ini. Tes, kecepatan, dan akurasi tes," kata Herawati di Jakarta, Kamis (3/9).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis Bagi Peserta PBI BPJS Kesehatan

Herawati mengungkapkan, memang semua daerah tidak memiliki fasilitas mumpuni dalam melalukan tes. Namun begitu, pemerintah dinilainya dapat memanfaatkan lab jejaring di setiap daerah agar dapat melakukan tes covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto mengakui bahwa kapasitas testing di Indonesia belum dilakukan secara maksimal, dan sering kali berada di bawah target yang telah ditentukan.

Hal itu, kata Yurianto, disebabkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana serta SDM yang dimiliki Indonesia.

"Dalam melakukan tes cepat covid-19 harus dengan catridge, dan ini tidak mudah untuk kita dapatkan. Bukan masalah uang, tapi masalah barang yang dibutuhakan dunia. Masalah demand yang tinggi dibanding supply. Indonesia hanya dapat kuota 6 ribu catridge per minggu," bebernya.

Namun, Yurianto optimistis Indonesia dapat terus memperbaiki kemampuan tes covid-19 berbarengan dengan perbaikan sistem kesehatan di masa pandemi ini.

"Dengan adanya pandemi, ini kesempatan untuk evaluasi sistem kesehatan nasional yang kita miliki saat ini, gang kita anggap selama ini sudah cukup baik," ucapnya. (H-3)

BERITA TERKAIT