03 September 2020, 15:13 WIB

Jam Malam di Depok dan Bogor, Satpol PP DKI Perketat Pengawasan


Hilda Julaika | Megapolitan

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol) PP DKI Jakarta mendapat pekerjaan tambahan untuk memperketat pengawasan, khususnya di daerah perbatasan. Sebagai iimbas pemberlakukan jam malam di Depok dan Bogor. Pasalnya penerapan jam malam di daerah tersebut memicu perpindahan kerumunan dari dua kota tersebut ke Jakarta.

Untuk itu, menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Arifin akan dilakukan pengetatan pengawasan protokol kesehatan.

“Hanya saja kita untuk DKI Jakarta dan sekitar daerah perbatasan mengantisipasi kalau saja kegiatan kegiatan kerumunan apakah di rumah makan, restoran, kafe kafe, terjadi lonjakan ya itu kita antisipasi,” ujarnya, Kamis (3/9).

Pihaknya pun perlu memastikan penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. Sehingga kerumunan tetap diperbolehkan asalkan meenrapkan protokol kesehatan.

“Jangan sampai melanggar dari sisi protokolnya. Kalau rame gak melanggar protokol, ya nggak apa-apa. Yang kita jaga protokol kesehatannya berkaitan dengan physical distancing, kapasitas, dsb,” jelasnya.

Baca juga : Kebijakan Anies Sediakan Trotoar untuk PKL Tabrak Kepentingan Lain

Selain itu, Satpol PP DKI Jakarta akan menjalankan operasi tertib masker di perbatasan. Salah satunya, melalui peningkatan patrol keliling di malam Minggu, malam Jumat, dan malam Sabtu.

“Patroli khusus yang memang dilakukan Satpol PP Jakarta Selatan. Perbatasan itu di kecamatan Cilandak dan Jagakarsa. Jadi malamnya lebih sifatnya patroli, patroli pengawasan tempat tempat yang menjadi kerumunan orang, apakah itu di restoran kafe rumah makan dsb,” paparnya.

Arifin pun mengatakan sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Jawa Barat untuk bekerja sama mengantisipasi pergerakan masyarakat. Karena pergerakan orang yang mondar mandir setelah jam malam dikhawatirkan memperparah penyebaran wabah covid-19 di Jakarta, Depok maupun Bogor.

"Kita adakan kerja sama di perbatasan, kita lakukan kerja sama operasi gabungan di perbatasan, karena ada juga surat koordinasi dari Satpol PP Provinsi Jabar merencanakan ada kegiatan di daerah perbatasan di Depok dalam rangka pencegahan covid-19," tandasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT