03 September 2020, 14:40 WIB

Heat Unggul 2-0 Dari Bucks Dengan Dramatis


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Pebasket Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo terduduk lemas saat pebasket Miami Heat Jimmy Butler melakukan dua lemparan bebas di sisa waktu akhir pertandingan antara Milwaukee Bucks melawan Miami Heat. Laga tersebut berlangsung di Walt Disney World Complex dekat Orlando, Kamis (3/9) WIB.

Dua lemparan Butler itu berhasil mengantarkan kemenangan untuk Heat dengan skor 116-114 dan memimpin 2-0 dalam semifinal bola basket NBA Wilayah Timur.

Setelah membukukan kemenangan 115-104 di gim pertama, Heat memimpin dengan keunggulan 113-107 pada gim kedua saat waktu tersisa kurang dari 20 detik.

Namun Antetokounmpo tak menyerah. Dia kemudian melakukan dunk dan Brook Lopez mencuri umpan Butler yang memperkecil jarak menjadi dua poin dengan hanya 8,5 detik waktu tersisa.

Setelah itu, Butler memasukkan satu dari dua lemparan bebas untuk memimpin 114-111 dengan sisa waktu 7,7 detik.

Pemain Bucks Khris Middleton kemudian melakukan percobaan 3 poin dan dia berhasil melakukan tiga tembakan dengan sempurna. Kedudukan menjadi seimbang 114-114 pada saat tersisa 4,3 detik.

Dengan sedikit waktu tersisa, Heats mengambil time out dan menyusun serangan dari sisi kanan pertahanan Bucks. Butler yang dipercaya menjadi eksekutor akhir kemudian melemparkan tembakan saat waktu hanya menyisakan 0,1 detik, namun dilanggar oleh Anetokounmpo yang nyaris berbarengan dengan bunyi bel akhir pertandingan.

Wasit menilai, Antetokounmpo meletakkan tangan di pinggul Butler yang tengah melakukan jumpshoot. Wasit pun mengirim Butler ke garis lempar bebas.

Dua lemparan bebas sukses dilakukan Butler untuk mengunci kemenangan 116-114.

Baca juga: Nuggets Berhasil Rebut Tiket Semifinal dari Jazz

"Saya hanya mencoba mempersulit Jimmy," ucap Antetokounmpo usai pertandingan dilansir ESPN.

"Namun wasit mengatakan ada kontak di sana. Mungkin ada, saya harus menonton permainan itu. Saya hanya mencoba melawan tembakan itu, tetapi wasit mengatakan ada kontak di sana," tuturnya.

Meski Antetokounmpo menampik melakukan pelanggaran, Namun, Crew Chief Marc Davis menyebutkan pelanggaran itu benar terjadi.

"Dia (Butler) harua diberi ruang untuk mendarat (usai melakukan jumpshoot) dan Giannis melakukan kontak dengan tangan kiri di badannya (Butler) dan saya merasa hal itu memengaruhi keseimbangannya," ucap Davis.

"Akibatnya saya menilai ini sebagai pelanggaran," tukasnya. (ESPN/Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT