03 September 2020, 13:45 WIB

Adam Yates Rebut Kaus Kuning Julian Alaphilippe di Etape Kelima


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

Kejutan terjadi pada etape kelima Tour de France. Pembalap tuan rumah Julian Alaphilippe dari Quick-Step kehilangan posisinya atas kaus kuning setelah mendapatkan pinalti 20 detik karena mengambil botol air di 20 kilometer terakhir.

Di akhir etape kelima, kaus kuning akhirnya disematkan kepada Adam Yates dari tim Mitchelton-Scott. Adam mengaku bingung pada awalnya dan tidak mengetahui bahwa dirinya merupakan pemegang kaus kuning yang baru.

"Aku kembali ke bus dan mandi, kemudian bersiap kembali ke hotel. Namun seseorang menelepon dan mengatakan bahwa aku harus menuju podium," terang Adam sebagaimana dilansir laman resmi Tour de France, Kamis (3/9).

Baca juga: Van Aert Rebut Finish Etape Ke Lima Tour de France

Meski ia telah dinyatakan sebagai pemilik baru kaus kuning, Adam mengaku sebetulnya ingin memperoleh kaus kuning ini dengan cara yang berbeda (bukan karena pinalti lawan). Meski begitu Adam menyatakan dirinya akan mempertahankan capaian ini.

"Kami akan menjalaninya tahap demi tahap. Esok pada etape Mont Aigoual, akan menjadi hari pertarungan yang luar biasa," pungkas Adam.

Dalam etape ke lima ini pembalap Belgia Wout Van Aert dari tim Jumbo-Visma berhsil merebut juara setelah persaingan sprint yang ketat pada titik akhir. Wout Van Aert finis pertama disusul oleh Cees Bol dari Sunweb dan Sam Bennett pemilik kaus hijau. (OL-14)

BERITA TERKAIT