03 September 2020, 12:05 WIB

Menag Akan Sosialisasi Program Kita Cinta Papua


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke Bumi Cendrawasih Papua, hari ini, Kamis (3/9).  Setibanya di bandara Sentani, Menag dipakaikan topi adat Papua diiringi tarian tradisional selamat datang yang ditarikan delapan orang pemuda Papua.

Rencananya Menag akan bertatap muka dengan para tokoh adat dan tokoh agama se-Papua dalam gelaran sosialisasi program 'Kita Cinta Papua' (KCP).

Menurut Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei, rangkaian kegiatan Menag di Papua  antara lain penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Peduli Kerukunan Umat Bergama serta penyerahan dokumen permohonan usulan alih status dan penegerian lembaga pendidikan keagamaan. Selain itu, ada penyerahan secara simbolis mahasiswa putra-putri orang asli Papua (OAP) penerima afirmasi beasiswa program Kita Cinta Papua juga penyerahan bantuan lembaga keagamaan dan pendidikan keagamaan.

Baca juga: Subsidi Pulsa Harus Tepat Sasaran Syarief Oebaidillah | Humaniora

Ia menambahkan Menag juga dijadwalkan akan melakukan pencanangan pembangunan Kantor Layanan Kerukunan Umat Beragama dan Monumen Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Jayapura dan memberi sambutan pada Stadium General di Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKN) Burere Sentani. Selain itu, Menag akan menemui mahasiswa OAP yang mengikuti acara pembekalan afirmasi beasiswa di Sentani, pembinaan ASN Kemenag, dan stadium general di IAIN Fattahul Muluk Papua.

"Kami memberikan apresiasi kepada Menteri Agama RI dalam Kabinet Indonesia Maju dengan program keberpihakan yang besar pada Papua baik di bidang pendidikan dan urusan agama juga kerukunan umat beragama,” kata Pdt. Amsal Yowei dalam keterangan resmi, Kamis (3/9).

Kakanwil Kemenag Papua mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama baik Kanwil Agama Provinsi Papua, juga 29 Kemenag Kabupaten/Kota, lembaga Perguruan Tinggi IAIN Fattahul Muluk, STAKPN Burere Sentani dan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Papua, untuk memberikan dukungan penuh dalam program Kita Cinta Papua sehingga umat beragama dapat semakin merasakan manfaatnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT