03 September 2020, 12:00 WIB

Siswa MAN IC Raih Perunggu di Olimpiade Matematika Internasional


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

SISWA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), Muhammad Radja Adzka meraih prestasi pada Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) 2020.

Pelajar asal Palembang ini berhasil meraih medali perunggu pada ajang kompetisi yang diselengarakan secara daring. "Saya belajar keras buat ikut olimpiade. Saya masuk di klub matematika, saat belajar dibantu sama pembimbing yang ngajarin kita. Saya ingin terus berkembang, ikut olimpiade ini melatih saya untuk maju terus. Saya suka matematika," kata Radja di Palembang, Kamis (3/9).

Siswa kelas 11 ini, berkompetisi dengan ratusan pelajar dari 18 negara lainnya, pada Agustus 2020 lalu. Beberapa negara yang ikut serta di antaranya, China, Hongkong, Macau, South Korea, Singapore, Indonesia, Malaysia, Thailand, The Philippines, Vietnam, Myanmar, Cambodia, India, Iran, Kazakhstan, Turkey, Bulgaria, and Brazil.

Baca Juga: Siswa SD Indonesia Raih 2 Emas Kompetisi Matematika di Bulgaria

MAN IC OKI merupakan Madrasah Unggulan Nasional berbasis Sains dan Teknologi. Di Madrasah ini, Radja aktif menjadi anggota Klub Matematika. Minatnya pada matematika memang sudah dimiliki sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). MAN IC OKI memiliki sebuah wadah yang memang disediakan sebagai sarana pengembangan minat dan keahlian para siswanya.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, mengapresiasi prestasi siswanya. "Syukur  Alhamdulillah, di tengah pandemi COVID-19 ini, siswa kita dapat memberikan kabar baik mengenai ajang lomba Internasional di bidang Matematika,” ujarnya.

Ia juga berharap, dengan mengikutsertakan siswanya pada kompetisi seperti ini, banyak siswa yang bisa terpacu untuk berkompetisi dan meraih prestasi. (OL-13)

Baca Juga: Kampung Matematika Gerakan Pendidikan Otentik Masyarakat

 

BERITA TERKAIT