02 September 2020, 21:30 WIB

Kasus Positif Covid-19 di NTT Terus Alami Lonjakan


Palce Amalo | Nusantara

KASUS positif korona (covid-19) Nusa Tenggara Timur (NTT) melonjak. Pada Rabu (2/9) bertambah lagi sembilan kasus baru, terdiri dari delapan  orang di Manggarai dan satu orang di Nagekeo.

"Tujuh dari delapan orang yang positif korona di Manggarai itu anggota keluarga dari pasien korona yang meninggal sebelumnya," kata Kepala Dinas Kesehatan NTT, Mese Ataupah.

Sedangkan satu orang lagi merupakan pelaku perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk kasus positif korona di Nagekeo merupakan pelaku perjalanan dari Denpasar, Bali.

Tambahan sembilan kasus baru tersebut, positif korona di NTT kini mencapai 200 orang, terdiri dari 36 orang dirawat, 162 orang sembuh, dan dua orang meninggal.

Terkait tambahan kasus baru tersebut, Ataupah minta masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona terus meluas. "Tetap jaga jarak fisik, sosial dan menjaga kondisi tubuh tetap fit," katanya.

Menurutnya, masyarakat tidak dapat dibatasi untuk tidak meninggalkan rumah di tengah pandemi, termasuk pelaku perjalanan. Untuk pengunaan masker, tambah Dia, masyarakat sudah sadar terhadap bahaya korona sehingga tetap mengenakan masker. Persoalan saat ini terletak pada menjaga jarak fisik dan dan jarak sosial.

Dia mencontohkan di beberapa daerah pasien korona yang meninggal, ditangani keluarga. Hal itu terjadi karena keluarga masih ingin  bersama jenazah sebelum dikebumikan. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tetap menjaga jarak sosial dan fisik, jangan sampai penyebaran virus korona kian meluas. (R-1)

BERITA TERKAIT