02 September 2020, 19:10 WIB

Komisi III DPR RI Apresiasi Kampung Tangguh Semeru


Heri Susetyo | Nusantara

KOMISI III DPR RI mengapresiasi program Kampung Tangguh Semeru yang digagas Polda Jatim untuk penanganan penyebaran covid-19.

Apresiasi itu disampaikan saat kunjungan Komisi III ke Mapolda Jatim, Rabu sore (2/9). Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa itu diterima Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil Imran. Sejumlah pejabat utama dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko ikut mendampingi pertemuan tersebut.

Menurut Desmond, program Kampung Tangguh Semeru di Jatim ini terbukti bisa mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kampung Tangguh Semeru efektif untuk penanganan virus korona karena melibatkan masyarakat langsung.

Upaya melibatkan masyarakat tersebut memunculkan kesadaran protokol kesehatan di tengah masyarakat. Bahkan saat penanganan pasien yang melakukan isolasi mandiri, masyarakat mau saling membantu bergotong royong termasuk penyediaan kebutuhan logistik.

"Dalam Kampung Tangguh Semeru ada sinergi masyarakat dengan bhabinkamtibmas dan babinsa serta relawan dalam penanganan covid-19, ini baik dicontoh di tempat lain," kata Desmond.

Seusai pertemuan, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo mengatakan, Polda Jatim masuk bagian dari mitra Komisi III DPR RI. Polda Jatim mengucapkan terima kasih atas apresiasi Komisi III yang disampaikan ke kapolda tersebut.

"Dari kunjungan Komisi III DPR RI, mereka memberikan apresiasi kepada Kapolda Jatim. Terkait dengan Inisiasi Bapak Kapolda tentang Kampung Tangguh Semeru untuk penanganan covid-19," kata Trunoyudo.

Menurut Truno, Kampung Tangguh Semeru bahkan tidak hanya efektif untuk penanganan covid-19. Melainkan juga berperan menciptakan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) yang kondusif. (J-1)

BERITA TERKAIT