02 September 2020, 18:40 WIB

RS akan Evaluasi Terkait Banyaknya Nakes Tertular Covid-19


Atalya Puspa | Humaniora

ANGGOTA Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daniel Wibowo mengungkapkan, pihak rumah sakit akan melakukan evaluasi terkait banyaknya tenaga kesehatan yang tertular covid-19.

"Rumah sakit dan fasilitas kesehatan harus melakukan evaluasi ruang praktik, ruang isolasi, ketersediaan APD, dan penggunaan APD," kata Daniel kepada Media Indonesia, Rabu (2/9).

Baca juga: Negara Harus Memberi Rasa Aman Terhadap Lansia

Pasalnya, kata Daniel, penggunaan APD yang tidak sesuai protokol, kekurangan APD, serta pengaturan ruang isolasi yang kurang kuat menyebabkan virus terakumulasi dalam ruangan dan menjadikan nakes rentan tertular.

Selain itu, Daniel menyebut banyaknya pasien Covid-19 yang belum mengetahui bahwa dirinya terinfeksi menjadi faktor banyaknya tenaga kesehatan yang tertular.

"Faktornya bukan kelalaian nakes semata, tetapi ada juga faktor lain, seperti banyaknya pasien Covid-19 yang tidak mengetahui bahwa mereka menularkan, atau tahu menderita Covid-19 tetapi tidak melakukan isolasi mandiri," katanya.

Untuk itu, lanjut Daniel, setiap orang harua menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, hindari keluar rumah dan bila perlu isolasi mandiri bila ada keluhan yang mungkin mengarah ke Covid-19

"Nakes juga perlu memperkuat imunitas, dengan berjemur, tidak terlalu lelah, jaga hati yang gembira," tandasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini tercatat terdapat 100 dokter dan puluhan tenaga medis lainnya yang meninggal akibat terpapar Covid-19. (OL-6)

BERITA TERKAIT