02 September 2020, 16:08 WIB

RS Mulai Penuh, Anies Tambah RS Rujukan Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta berencana untuk menambah daftar RS yang menjadi rujukan pasien Covid-19.

Sebabnya saat ini, 67 unit RS rujukan yang ada mulai kewalahan menangani pasien-pasien covid-19. Terlebih lagi sudah tiga hari sejak 30 Agustus, jumlah kasus baru Covid-19 di Jakarta rata-rata di atas seribu kasus.

Baca juga: Polisi Gerebek Pesta Gay di Jaksel

Keterisian tempat tidur perawatan Covid-19 semakin tinggi hingga lebih dari 70% rata-rata di seluruh RS. Padahal WHO merekomendasikan agar keterisian tempat tidur rawat pasien Covid-19 maksimal adalah 60% untuk menjaga mutu layanan dan kinerja para tenaga medis.

"Di Jakarta ada banyak RS, ada 190 jadi kita akan tambah masuk dalam sistem RS rujukan," kata Anies di Jakarta, Selasa (1/9).

Selain itu, ada sebanyak 1.800 tenaga kesehatan profesional yang akan dikontrak oleh Pemprov DKI dalam waktu dekat ini untuk mempersiapkan penambahan kapasitas tempat tidru rawat bagi pasien Covid-19.

"Betul kapasitas RS akan ditingkatkan jadi dengan begitu kita bisa menangani semua orang yang harus dirawat. Kita menyaksikan kapasitas memang di atas 70%, idealnya di bawah 60%. Jadi sekarang kita akan tambah lagi kapasitas tempat tidur di ICU mauapun di ruang isolasi RS," jelasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT