02 September 2020, 12:06 WIB

Film Indonesia ini Tayang di Venice Film Festival


Fathurrozak | Weekend

FILM berjudul Penggantian asal Indonesia akan tayang di Venice International Film Festival dalam program Venice VR Expanded. Film yang dibuat dari realitas virtual ini disutradarai  Jonathan Airlangga Hagard.

Penggantian disutradarai Jonathan dengan ko-produksi tiga negara, Indonesia, Jerman, dan Jepang. Film berdurasi 12 menit dan tanpa dialog ini juga menggunakan lagu Desember dari  band Efek Rumah Kaca.

Film ini didasarkan pada ingatan pribadi Jonathan, dan penelitian selama 13 tahun. Karya tersebut menggambarkan transformasi perkotaan, lingkungan, dan budaya Jakarta.

“Ini bertujuan untuk introspeksi sejarah terkini kota ini, merasakan akarnya dan merenungkan bagaimana kita sampai pada situasi saat ini sehingga kita dapat lebih memahami tantangan yang akan datang,” bunyi pernyataannya dalam laman resmi festival.

Penggantian menggambarkan suatu keluarga Jawa yang tinggal di lingkungan fiksi di Jakarta. Terinspirasi oleh orang-orang dan tempat-tempat yang benar-benar ada, saksi dari transformasi perkotaan, lingkungan, politik, dan budaya metropolis yang padat dari tahun 1980-an hingga 2020.

Pengalaman itu ditujukan untuk mengapresiasi dan mengintrospeksi sejarah terkini Jakarta melalui sudut pandang keluarga biasa yang dapat diidentifikasikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.

Film-film yang tayang di program Venice VR Expanded, bisa diakses secara daring dan gratis. Namun, platform yang memungkinkan untuk bisa mengaksesnya adalah Facebook OculusTV, Viveport Video, dan Vrroom.

Film karya Jonathan ini akan tayang selama festival berlangsung, 2-12 September. Venice VR Expanded muncul di Festival Film Internasional Venesia sejak 2016. Dengan dua seksi, Competition dan Out of Competition. Penggantian pada tahun ini masuk pada seksi Competition. (M-4)

BERITA TERKAIT