02 September 2020, 10:51 WIB

Jatuh Dari Kapal, Nelayan Asal Ende Hilang


Gabriel Langga | Nusantara

SALAH SATU nelayan asal Dusun Amburima, Kelurahan Rukun Lima Ende Selatan, Arifuddin, 31, hilang saat mencari ikan di perairan Raba, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/9).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana kepada Media Indonesia, Rabu (2/9), mengatakan kejadian ini berawal saat korban sedang mencari ikan di perairan Raba.

Namun, pada pukul 05.00 wita, korban terjatuh dari kapal lempara yang digunakannya untuk mencari ikan.

Baca juga: Izin Usaha Pelanggar Terancam Dicabut

"Korban terjatuh dari kapal lempara saat mencari ikan di sekitar Perairan Raba dengan lokasi kejadian berjarak 4,58 NM dari Pelabuhan Perikanan Ende," ujar dia.

Sudayana mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi potensi SAR yang ada di wilayah kerja Basarnas Maumere, khususnya di wilayah Kabupaten Ende, untuk bersama-sama melaksanakan operasi SAR untuk mencari korban dengan melibatkan Tim Rescue Unit Siaga SAR Ende berjumlah dua orang, Potensi SAR yang terdiri dari Polair Ende tiga orang, Pos AL Ende dua orang, KSOP Ende dua Orang, Polres Ende dan BPBD Ende dua orang.

"Proses operasi SAR pencarian hari pertama pada Selasa (1/9) dengan menggunakan satu unit rubber boat Siaga SAR Ende dan satu unit speed
boat 80 PK Polair Ende, serta tiga unit Perahu nelayan di sekitar lokasi kejadian. Operasi SAR hari pertama hingga pukul 18.00 Wita masih nihil dan sedang dilanjutkan pencarian hari kedua hari ini, Rabu (2/9) pada pukul 06.00 wita," terangnya.

Sudayana berharap kepada seluruh Tim SAR gabungan untuk melaksanakan operasi SAR sesuai rencana operasi yang telah dibuat dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Saya harap agar Tim SAR Gabungan tetap semangat dan optimis dalam melaksanakan operasi SAR hari kedua pada hari ini. Semoga hari kedua ini kita bisa menemukan korban," pungkas Sudayana. (OL-1)

BERITA TERKAIT