01 September 2020, 18:25 WIB

Pemprov Jatim Isolasi Ponpes Darussalam Banyuwangi


Faishol Taselan | Nusantara

SATUAN Tugas (Satgas) Covid-19 mengisolasi Pondok Pesantren Darussalam, Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, selama 14 hari untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Karena awal presentasi, positivity rate-nya tinggi harus dilakukan isolasi selama 14 hari," kata Kordinator Tim Tracing Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jawa Timur Kohar Hari Santoso di Surabaya, Selasa (1/9).

Pemprov Jatim memutuskan mengisolasi ponpes agar santri yang terpapar maupun yang sehat tidak berhubungan dengan pihak luar. Menurutnya, santri maupun pengelola pondok pesantren selama isolasi itu tidak diizinkan keluar, demikian halnya orang dari luar tidak diizinkan masuk ke lingkungan pondok pesantren.

Ha; ini terpaksa dilakukan untuk mencegah penularan di luar lingkungan pondok. Selama isolasi, Kohar memastikan, kebutuhan logistik disediakan pemerintah.

"Kemarin Pak Sekdaprov (Heru Tjahjono) sudah ke sana melakukan koordinasi tentang dapur umum, blokade, dan pemeriksaan sudah dilakukan pada seluruh warga pondok," jelasnya.

Sejauh ini, jelasnya, ada sekitar 4.800 santri yang sudah menjalani tes swab. Hasilnya diperkirakan  akan keluar dua sampai tiga hari ke depan. "Yang positif akan kita pisahkan," tegasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT