01 September 2020, 17:10 WIB

Harga Bawang Putih di Pasar Palabuhanratu Terpantau Naik


Benny Bastiandy | Nusantara

Harga komoditas bawang putih di Pasar Semimodern Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berangsur naik. Saat ini harganya di kisaran Rp28 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya di kisaran Rp20 ribu/kg.

"Pada minggu terakhir Agustus, harga bawang putih ada kenaikan sebesar Rp8 ribu," kata Pencatat Harga UPTD Pasar Semimodern Palabuhanratu, Maulana, Selasa (1/9).

Penyebab naiknya harga komoditas bawang putih disebbakan melonjaknya permintaan. Utamanya banyak warga yang melaksanakan hajatan pernikahan.

"Sekarang kan sedang musim nikahan. Jadi, permintaan banyak. Sesuai hukum pasar, naiknya permintaan, maka akan berimbas pada naiknya harga," tuturnya.

Baca juga: Kasus Meningkat, Izin Keramaian di Rejang Lebong Dihentikan

Meskipun harga naik dan permintaan melonjak, imbuh Maulana, tetapi persediaan masih cukup aman. Secara umum, harga berbagai komoditas kebutuhan bahan pokok relatif masih stabil.

"Tidak ada kendala untuk stok kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Semimodern Palabuhanratu. Pasokan juga aman. Insya Allah kita akan terus memantau dan mencatat setiap minggu untuk diinformasikan kepada masyarakat," terangnya.

Berdasarkan data, harga beras premium Rp11 ribu/kg, gula pasir Rp14 ribu/kg, minyak goreng kemasan Rp13 ribu/kg. Lalu, daging sapi dan kerbau Rp110 ribu/kg, daging ayam potong Rp35 ribu/kg, dan telur ayam Rp26 ribu/kg.

Sebagian komoditas harganya turun, misalnya cabai merah keriting turun dari Rp25 ribu menjadi Rp20 ribu/kg, cabai rawit merah dari Rp32 ribu/kg menjadi Rp30 ribu/kg, dan cabai merah besar Rp30 ribu/kg.

"Bawang merah juga turun. Semula Rp30 ribu turun menjadi Rp28 ribu per kilogram," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT