01 September 2020, 16:36 WIB

Porsi Latihan Timnas U-19 Ditambah Sebelum Uji Coba


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIM nasional Indonesia U-19 terus digembleng pelatih Shin Tae-yong selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Setiap hari, Garuda Muda mendapat porsi tiga kali latihan dari tim pelatih. Adapun latihan pagi dimulai pukul 10.30, latihan sore pukul 16.00 dan malam pukul 21.00 waktu setempat.

Berbagai materi latihan diberikan tim pelatih kepada pemain timnas U-19, seperti fisik, teknik, hingga peningkatan mental. "Saat ini perkembangan tim sudah semakin positif setiap harinya,” ujar Shin Tae-yong dalam laman resmi PSSI, Selasa (1/9).

Baca juga: Timnas U-19 Geber Latihan di Kroasia

“Proses adaptasi pemain berjalan baik. Pemain selalu bekerja keras dan semangat terus. Kami meningkatkan intensitas latihan mulai hari ini dan berikan materi taktik," jelasnya.

"Makanan dan fasilitas disini tidak ada masalah. Soal lapangan, kami melakukan latihan di beberapa lapangan. Jadi tidak hanya satu tempat latihan," imbuh pelatih asal Korea Selatan. 

Pemain belakang timnas U-19, Bagas Kaffa, mengungkapkan kondisinya dalam keadaan fit dan tidak ada kendala dalam adaptasi cuaca. 

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Ditunda, Ini Respons PSSI

"Kami terus bekerja keras dan semangat selama di sini. Materi latihan dari pelatih sangat bagus. Kami menjalankan latihan sesuai tim pelatih. Selain Latihan, kami juga siap menjalani beberapa laga uji coba," tutur Bagas. 

TC di Kroasia sebagai persiapan Garuda Muda mengikuti Piala AFC U-19 2020, yang berlangsung pada 14-31 Oktober di Uzbekistan. Serta, Piala Dunia U-20 2021 dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut timnas U-19 akan memulai pertandingan International U-19 Friendly Tournament coba pada Sabtu (5/9) mendatang. Kepastian ini setelah Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) mengirimkan surat perubahan jadwal pertandingan turnamen.

Baca juga: Liga 1 Bergulir Oktober, PSSI: Satgas Covid-19 Beri Lampu Hijau

"Awalnya timnas U-19 akan memulai pertandingan 2 September. Namun, ada perubahan jadwal menjadi 5 September. Kami rasa tidak masalah. Ini justru bagus untuk pemain yang dapat melakukan persiapan lebih panjang, sebelum menjalani uji coba," pungkas Iriawan.

Pada pertandingan perdana, Indonesia akan melawan Bulgaria. Selanjutnya, timnas akan menantang tuan rumah Kroasia (8/9) dan bertemu Arab Saudi (11/9) mendatang.

"Setelah mengikuti turnamen tersebut, timnas U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September. Lawan yang akan dihadapi, seperti Qatar, Bosnia dan Herzegovina,” tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT