01 September 2020, 16:20 WIB

Polda Sumsel Amankan 3 Kg Sabu dan Ratusan Ekstasi


Dwi Apriani | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah Sumatra Selatan berhasil mengungkap peredaran narkoba di wilayahnya. Dalam rilis yang diungkap di Mapolda Sumsel, Selasa (1/9), ada 3 kilogram sabu dan 327 butir ekstasi yang diamankan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel.

Selain itu, juga ada 33 tersangka sindikat peredaran narkoba yang juga ikut ditangkap, baik pengedar, bandar narkoba, hingga pengguna narkoba.

"Sabu seberat 2,7 kg atau 2.740 gram ditambah 98 butir ekstasi itu hasil pengungkapan anggota Direktorat Narkoba Polda Sumsel. Lalu 99,36 gram sabu dan 124,1 gram sabu dan 4 butir ekstasi, hasil kerja anggota jajaran Polres Muba dan Polres OKI," jelas Kombes Pol Supriadi Kabid Humas Polda Sumsel.

Dijelaskan Supriadi, dengan barang bukti sedemikian banyak tersebut diperkirakan 18.825 anak negeri dapat diselamatkan. "Pada Minggu keempat Agustus kemarin, yang paling menonjol kita dapatkan pengedar yang kedapatan membawa 2 paket sabu dengan gambar kopi dan cangkir seberat 2 kg," ungkapnya.

Selain gencar melakukan pemberantasan terhadap sindikat narkotika, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri juga aktif bersih-bersih di dalam tubuh Polri. Diantaranya dengan melakukan periksaan urine personil Satker secara acak di Gedung Rono Dipuro Polda Sumsel.

"Tes urine insidentil selepas apel pagi, untuk memastikan bahwa personil dilingkup Polda Sumsel bersih dari penyalahgunaan narkotika. Maka dapat bekerja dengan baik dan maksimal," kata Eko Indra Heri.

Diketahui sebanyak 42 personil Polri dan ASN mengikuti tea urine sebagai upaya antisipasi penyalah gunaan barang haram ini.

"Kami tidak main-main dalam memberantas penyalah gunaan narkotika. Sebagai upaya menciptakan SMD unggul untuk menghadapi tantangan ke depan semakin berat," janji Irjen Pol Eko Indra Heri. (OL-13)

BERITA TERKAIT