01 September 2020, 15:37 WIB

Satgas Covid-19 Lakukan Testing Cepat untuk Tekan Kematian


Atalya Puspa | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan pekerjaan besar Indonesia yakni menurunkan angka kematian akibat covid-19. Pasalnya, saat ini angka kematian covid-19 di Indonesia masih berada di 4,2% atau berada di atas angka rata-rata dunia yakni 3,6%.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan untuk menurunkan angka kematian, pihaknya melakukan sejumlah langkah konkret, salah satunya melakukan testing dengan cepat.

"Untuk menurunkan angka kematian dilakukan testing cepat dengan hasil yang akurat, pasien positif harus dirujuk lebih awal ke RS sebelum kondisi lebih berat," kata Wiku kepada Media Indonesia, Selasa (1/9).

Baca juga: Lonjakan Covid-19, PSI: Anies Jangan Bangga dengan Testing Tinggi

Selain berupaya menekan risiko kematian dengan testing cepat, pihaknya juga berupaya melakukan penanganan pasien di RS dengan pengobatan yang baik dan pemenuhan asupan gizi baik.

Namun begitu, yang terpenting, imbuh Wiku, langkah preventif merupakan hal utama yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 dan diharapkan mampu menekan angka kematian covid-19 di Indonesia.

"Yang paling utama adalah mencegah orang sakit dengan cara menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin pada tingkat individu, keluarga, masyarakat, dan institusi," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT