01 September 2020, 11:25 WIB

Ajang MTQ ke-8 level Provinsi Papua Barat Dibuka


Martinus Solo | Nusantara

SETELAH sempat tertunda karena pandemi Covid-19 pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-8 tingkat Provinsi Papua Barat, di Kabupaten Sorong Selatang akhirnya dibuka.

Pembukaan kompetisi MTQ yang dilaksanakan rutin setiap dua tahun ini, dilakukan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan secara virtual. Dikuti oleh peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota se-Papua Barat.

"Di tengah wabah yang masih melanda, kita jangan patah semangat. Meski berlangsung secara virtual, diharapkan tidak mengurangi esensi penyelenggaraan MTQ. Ajang ini juga diharapkan dapat melahirkan Qari-qariah bermutu sehingga dapat membawa nama Papua Barat pada ajang MTQ tingkat nasional," ungkap Dominggus Mandacan di Manokwari, Papua Barat, Selasa, (2/9).

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Sudirman Simanihuruk juga berharap, melalui penyelenggaraan MTQ mampu membina generasi muda Islam secara baik sehingga tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran yang keliru.

"Mari kita jadikan MTQ sebagai ajang untuk mendalami ilmu Al Quran, membina generasi muda secara baik, terutama dalam pemikiran, agar tidak mudah terpengaruh pemikiran negatif atau keliru," kata Sudirman Simanihuruk.

Sementara Bupati Sorong, Johny Kamuru yang berada di pendopo rumah Dinas jabatan menyatakan, MTQ yang diselenggarakan virtual hendaknya dapat menjadi pendorong semangat bagi kafilah dari Kabupaten Sorong agar terus mengukir prestasi.

"Di tengah wabah virus corona ini kita dibatasi dengan berbagai hal, kita harapkan ini tidak mematahkan semangat dalam mengikuti jalannya MTQ," kata Johny Kamuru.

Sebanyak 32 peserta Kafilah Kabupaten Sorong siap mengikuti MTQ ke-8 tingkat Papua Barat. Ke32 peserta ini akan bermusabaqah di 24 cabang lomba. (OL-13)

Baca Juga: MTQ 2020 Dilaksanakan Secara Langsung dengan Protokol ...

BERITA TERKAIT