31 August 2020, 19:18 WIB

Pemkot Cimahi Cari Lahan Baru untuk Komplek Makam Covid-19


Depi Gunawan | Nusantara

LAHAN pemakaman khusus jenazah terpapar covid-19 di Kota Cimahi sudah terisi penuh, sehingga pemerintah daerah mencari lahan pemakaman baru.

"Pemakaman khusus covid-19 sudah terisi penuh semuanya. Nah, sekarang kita sedang cari lahan lagi untuk antisipasi," kata Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, Senin (31/8).

Pemakaman untuk jenazah terpapar covid-19 berada di Kampung Lebaksaat, RW 18, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. Saat ini terdapat empat makam jenazah covid-19 asal Cimahi dan dua jenazah asal Tasikmalaya yang berasal dari rujukan Cianjur dan dimakamkan di sana.

Menurut dia, pihaknya berupaya mencari lahan pemakaman baru namun lokasinya masih berada di dekat lahan pemakaman yang saat ini sudah penuh. Hal tersebut dimaksudkan agar lebih mudah mengklasifikasikan makam yang bukan pemakaman umum.

"Di sini kami sedang cari di daerah bawahnya saja, biar tidak terlalu jauh dan tidak tersebar," bebernya.

Baca juga: Kasus Positif Bertambah, Cimahi Rawan Zona Merah Covid-19

Ajay mengungkapkan, Pemkot Cimahi masih membutuhkan lahan pemakaman lainnya sebagai antisipasi apabila ada pasien positif covid-19 meninggal dunia.

"Kami terus berusaha menekan angka kasus covid-19, kalau bisa jangan tambah lagi. Namun, antisipasi saja, makanya kita cari lahan baru," ucap Ajay.

Dia menjelaskan, tidak ada syarat khusus bagi lahan yang disiapkan untuk komplek pemakaman kasus covid-19, asal warga tidak ada yang keberatan. Ajay juga menyatakan, jenazah positif covid-19 juga sudah ditangani sesuai prosedur pencegahan penularan.

"Jenazah sudah dibungkus sedemikian rupa dengan protokol kesehatan oleh pihak rumah sakit. Sudah aman, tapi memang harus cepat dimakamkan," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT