31 August 2020, 18:07 WIB

Rumah Sakit Penuh, Pemerintah Diminta Maksimalkan Puskesmas


Putra Ananda | Humaniora

KETUA DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah menjadikan pandemi covid-19 sebagai momentum untuk perbaikan sistem kesehatan nasional.

Menurutnya, harus ada terobosan untuk meningkatkan keberadaan dan fungsi infrastruktur kesehatan di Indonesia.

“Kondisi pandemi jadi momentum tepat untuk meningkatkan peran dan fungsi puskesmas dengan segala upaya pencegahan penyakit. Serta, meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya,” ujar Puan, Senin (31/8).

Baca juga: Lawan Covid-19, Ini Cara Puskesmas Lakukan Screening

Pernyataan Puan muncul setelah mendapat laporan terkait kondisi rumah sakit yang penuh karena menangani pasien covid-19. Puan menilai peran dan fungsi puskesmas dapat ditingkatkan sebagai garda terdepan. Terutama, dalam memberikan informasi dan mendeteksi gangguan kesehatan masyarakat.

“Indonesia dengan karakteristik sosial dan demografi masyarakat yang beragam, menuntut peningkatan peran dan fungsi puskesmas,” pungkasnya.

DPR RI bersama pemerintah dikatakannya perlu segera membahas revisi Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, yang sudah masuk dalam Prolegnas 2020-2024.

Baca juga: Wapres: Sertifikasi Halal Tidak Hambat Produksi Vaksin Covid-19

Perbaikan sistem kesehatan nasional juga harus mencakup infrastruktur kesehatan, kemandirian obat dan vaksin. Berikut, ketersediaan alat kesehatan dan APD, serta peningkatan riset kesehatan. Sehingga, Indonesia lebih siap menghadapi pandemi dan masalah kesehatan.

“Upaya penanggulangan wabah penyakit menular perlu disesuaikan dengan pedoman internasional. Itu meliputi upaya pencegahan, deteksi, dan respons. Serta disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” imbuh Puan.(OL-11)

BERITA TERKAIT