31 August 2020, 17:11 WIB

Warning Covid-19, DPRD: Anies Harus Hati-hati Keluarkan Kebijakan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menyebut saat kondisi kasus covid-19 di Ibu Kota di tahap cukup membahayakan. Lonjakan kasus covid-19 terjadi sepekan terakhir dengan hampir 40 ribu kasus.

Ia meminta Gubernur Anies Baswedan untuk tidak sembarangan mengeluarkan kebijakan yang berujung pada meningkatnya kasus covid-19.

"DKI sudah warning. Angkanya akan terus naik kalau kita tidak siap. Pak Gubernur harus lebih hati-hati dalam mengeluarkan kebijakan," ujar Zita, Senin (31/8).

Menurut Politikus PAN itu, kesadaran masyarakat saat ini rendah terhadap protokol kesehatan. Hal ini disebabkan kurang tegasnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait kebijakan yang memungkinkan adanya kerumunan.

Baca juga: DKI Buka Bioskop, Ahli: Sebaiknya Hanya di Zona Hijau

"Masyarakat sudah bisa menahan diri. Jangan pancing mereka untuk keluar dengan kebijakan yang kita buat. Contohnya rencana buka bioskop," jelas Zita.

Lonjakan kasus covid-19, sebutnya, bisa diperparah dengan klaster baru covid-19 dari pariwisata atau long weekend. Hal ini dibuktikan dengan laporan Dinas Kesehatan yang menemukan 1.114 kasus baru per (30/8).

"Kalau dilihat laporannya, angka itu naik tepat di long weekend. Kesempatan liburan dan tempat hiburan tersedia, akhirnya semua keluar untuk berkumpul. Ini yang diwaspadai," pungkas Zita. (OL-14)

BERITA TERKAIT