31 August 2020, 16:55 WIB

Showroom Terbakar, 17 Mobil dan 35 Sepeda Motor Ludes Dilalap Api


Palce Amalo | Nusantara

Sebanyak 17 mobil, 35 sepeda motor, dan satu escavator ludes dilalap api dalam musibah kebakaran showroom dan bengkel mobil di Jalan Timor Raya, Kelurahan Pasir Panjang, Kota Kupang, Minggu (30/8) tengah malam.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Saat kebakaran, tidak ada penjaga atau  karyawan yang bertugas. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Lokasi kebakaran tidak jauh dari Markas Gegana Brimob Polda NTT. Api baru berhasil dikuasai sekitar pukul 24.00 WITA.

"Awalnya ada kebakaran kecil kemudian terjadi ledakan dan api merambat ke plafon bangunan," kata saksi mata, Bripka Soares, Senin (31/8).

Wakapolres Kupang Kota Kompol Didik Kurnianto mengatakan pihaknya telah memasang garis polisi. Selain itu, polisi akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut.

Baca juga: Nelayan di Pulau Parumaan NTT Mulai Bergairah Melaut

Akhir pekan lalu, terjadi sejumlah kebakaran di Kota Kupang terutama kebakaran lahan. Selain itu, Kupang juga dilanda angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang, dan 62 rumah penduduk rusak, dan satu orang dirawat karena tertimpa pohon.

Cuaca panas mencapai 34º Celcius yang saat ini melanda wilayah NTT ditambah kecepatan angin antara 40-50 kilometer berpotensi memicu kebakaran meluas.

Setiap hari, BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mengeluarkan peringatan dini terkait angin kencang, gelombang tinggi di perairan serta ancaman kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan kondisi kemarau, masyarakat diimbau agar waspada terhadap angin kencang yang dapat memberikan dampak langsung seperti robohnya papan reklame, baliho, pohon tumbang atau dahan yang patah serta dampak tidak langsung seperti kebakaran hutan dan lahan," kata Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Sulton Kharisma. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT