31 August 2020, 14:05 WIB

Studi: Survivor Covid-19 Berpotensi Terkena Gangguan Jantung


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

PASIEN covid-19 yang telah dinyatakan sembuh berpotensi mengalami gangguan pada beberapa organ tubuh.

Riset yang dilakukan sejumlah peneliti di Jerman menunjukkan 78 dari 100 orang survivor covid-19 mengalami gangguan pada jantung, yang dideteksi oleh cardiovascular magnetic resonance (CMR) standar. Itu terlepas dari kondisi tubuh sebelumnya.

Adapun kelainan yang paling banyak ditemukan adalah inflamasi atau peradangan mikrokard, yang terdeteksi pada 60 pasien covid-19 yang baru pulih. Kemudian, diikuti bekas luka regional dan peningkatan perikardial.

Baca juga: 100 Dokter Wafat karena Covid-19, IDI Sampaikan Duka Mendalam

“Temuan kami menunjukkan indikasi potensi penyakit inflamasi pada populasi besar dan sangat membutuhkan konfirmasi dalam kelompok yang lebih besar,” bunyi keterangan peneliti, Senin (31/8).

“Meski efek kesehatan jangka panjang dari temuan ini belum dapat dipastikan, beberapa kelainan berkaitan dengan dampak lebih buruk pada inflamasi kardiomiopati,” lanjut keterangan tersebut.

Baca juga: Cegah Klaster Covid-19, KPAI Minta Guru Dites Usap

Sejauh ini, belum ada penjelasan terkait berapa lama dan bagaimana kerusakan pada organ tubuh berlangsung. Lalu, sejauh mana peningkatan risiko serangan jantung, stroke atau masalah kardiovaskular yang mengancam jiwa.

Kendati demikian, penelitian ini dapat mengurai penyebab pasien yang sudah sembuh, namun tetap merasa lemas selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Atas dasar riset tersebut, peneliti meminta para dokter untuk memantau kesehatan jantung pasien covid-19. Tepatnya, setelah mereka dinyatakan negatif covid-19 melalui serangkaian tes.(OL-11)

BERITA TERKAIT