31 August 2020, 11:42 WIB

DPR Dukung Kasad Sanksi Tegas Penyerang Polsek Ciracas


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi I DPR RI asal Fraksi NasDem Willy Aditya mendukung sikap Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa yang akan memberi sanksi tegas terhadap seluruh oknum TNI AD yang terlibat penyerangan Polsek Ciracas. Reformasi TNI sangat mendesak untuk dituntaskan supaya kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Langkah yang diambil Kasad sudah tepat untuk mengedepankan proses hukum sebelum mengambil tindakan pemecatan," tegasnya kepada Media Indonesia, Senin (31/8).

Dengan kasus ini, kata Politisi Partai NasDem itu, semakin menyadarkan reformasi TNI semakin mendesak untuk menyentuh sistem peradilan di dalam tubuh militer. Sepantasnya pelanggaran hukum di luar penugasan sebagai tentara harus berada dalam sistem peradilan umum.

Baca juga: Prajurit TNI dan Polri Perlu Edukasi Sinergi

"Saya kira, peristiwa ini tidak ada kaitannya dengan kecemburuan, konflik, atau dendam lama antara TNI-Polri pascapemisahan kelembagaan," ujarnya.

Peristiwa ini justru membuktikan bahwa hoaks itu bahkan bisa merasuk ke institusi yang sarat nilai kedisiplinan. Peristiwa ini memperlihatkan bahayanya hoaks jika menempel dengan solidaritas kelompok.

Sebagai panja kesejahteraan TNI di DPR, ia menilai perlu mendorong kebijakan untuk kesejahteraan anggota TNI. Bukan hanya soal gaji, namun juga soal kesempatan istirahat, pendidikan, pengembangan diri, dan tanggungan keluarga.

"Hal ini penting agar prajurit kita merasakan juga perhatian dan kebijakan pemerintah yang sesuai kebutuhannya," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT