31 August 2020, 01:45 WIB

Dua Trofi Pikat Aubameyang


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

PELATIH Arsenal Mikel Arteta mengantar tim kebanggaan Kota London memenangi trofi kedua dengan mengalahkan Liverpool lewat adu penalti di ajang Community Shield, Sabtu (29/8) malam.

Trofi pertama yang dimenangi the Gunners sebutan Arsenal yakni Piala FA di bulan ini juga. Jajaran trofi yang diharapkan Arteta bisa membuat bomber sekaligus sang kapten PierreEmerick Aubameyang tidak hijrah ke klub lain.

Aubameyang yang ditunjuk jadi kapten tim telah menjadi tonggak keberhasilan Arsenal merangkai dua trofi Piala FA dan Community Shield. Aubameyang menjadi pahlawan Arsenal meraih gelar Piala FA ke-14 setelah mengalahkan Chelsea.

Striker asal Gabon itu kembali unjuk gigi saat Arsenal mengalahkan Liverpool pada ajang Community Shield dengan mence tak gol penentu kemenangan pada drama adu penalti dengan skor 5-4. Di waktu normal, Aubameyang juga mencetak gol keunggulan, tetapi akhirnya skor
berkesudahan imbang 1-1. Sebagai algojo kelima saat tos-tosan, Aubameyang juga melakukan tugas dengan sempurna.

Penyerang berusia 31 tahun itu tinggal memiliki kontrak hingga 12 bulan dan Arteta yakin pembicaraan kontrak Aubameyang segera rampung.

“Saya sangat yakin dan positif dia akan menandatangani itu. Ada banyak yang terlibat mengenai kesepakatan kontrak dan kami mencoba mengatasinya. Saya tidak khawatir. Saya pikir kami memiliki hubungan yang baik dan berharap akan ada kontrak baru. Sekarang saya percaya diri dan bahagia. Saya bisa melihat bagaimana sikapnya selama latihan. Itu ialah pertanda yang baik,” kata Arteta, dilansir dari Skysports.

Ia yakin Aubameyang bisa memimpin Arsenal tampil menggigit di Liga Primer Inggris musim depan. Mengalahkan juara bertahan Liverpool di Community Shield akan menjadi modal yang bagus untuk kembali bersaing di papan atas, setelah musim ini tercecer di posisi kedelapan. Peringkat terburuk sepanjang 25 tahun terakhir.

“Kami konsisten mengalahkan tim top dalam dua bulan terakhir tapi tentu saja jika melihat klasemen kami masih tertinggal jauh. Kami harus terus mencoba untuk memangkas jarak dan kami harus terus meningkatkan permainan kami,” kata juru taktik asal Spanyol itu.


Belum fit

Di kubu Liverpool, juru taktik Juergen Klopp mengaku anak asuhnya belum sepenuhnya fit kontra Arsenal. Selain itu, Klopp juga harus kehilangan Trent Alexander-Arnold dan Jordan Henderson.

Setelah gawang the Reds dibobol Aubameyang di menit ke-12, klub yang baru saja memenangi Liga Primer itu membalas melalui aksi bintang asal Jepang Takumi Minamino di menit ke-73.

Skor imbang di waktu normal membuat laga dilanjutkan dengan tos-tosan. Algojo ketiga Liverpool, striker Rhian Brewster, tendangannya membentur mistar sehingga dimanfaatkan Arsenal untuk unggul 5-4.

Klopp mengaku meski kecewa akan menjadikan kekalahan itu sebagai pelajaran berharga untuk mengarungi Liga Primer musim depan. “Saya tentu saja puas karena kami mempersiapkan dengan baik saat latihan. Kami belum sepenuhnya fit, tapi lebih baik dari tiga atau empat hari lalu. Ini normal. Kami memiliki waktu dua pekan lagi untuk menyiapkan musim depan,” kata Klopp dilansir dari situs klub. (BBC/Skysport/Liverpoolfc/AFP/R-2)

BERITA TERKAIT