30 August 2020, 20:10 WIB

ADHI Bangun Jalur Kereta U-Shaped Girder Terpanjang di Indonesia


mediaindonesia.com | Ekonomi

SEBAGAI perusahaan BUMN, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) kembali menorehkan prestasi untuk negeri. Sebelumnya pada 2019, ADHI berhasil membentangkan Jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil, sekaligus dengan beban terbesar di Indonesia.

Kini, ADHI mempersembahkan jalur kereta dengan struktur u shaped girder pertama dan terpanjang di Indonesia. Karya ini merupakan hasil kerja keras dan inovasi yang terus dikembangkan ADHI dengan dedikasi yang tinggi untuk negeri.

“ADHI telah berhasil meletakkan u shaped girder terakhir pada lintas pelayanan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, di Jalan Jendral Sudirman, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan,” kata Parwanto Noegroho, Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada keterangan persnya, Minggu (30/8).

Struktur ini merupakan teknologi u shaped girder atau gelagar berbentuk huruf yang diadopsi dari Prancis.

Menurut Parwanto, pada pemasangan terakhir ini, berat u-shaped girder yang dipasang sebesar 148 ton dan memiliki panjang 30 m. Total u-shaped girder yang terpasang mencapal 2902 unit girder dengan total panjang keseluruhan lebih dari 43 km jalur kereta ini akan dicatatkan pada Museum Rekor Indonesia dengan tiga rekor.

Tiga rekor itu, pertama, pemakaian u-shaped girder Pertama di Indonesia. Kedua, pembangunan Jalur Kereta dengan Struktur U Shaped Girder Terpanjang di Indonesia dengan total panjang mencapal 43,057 km.

“Ketiga, zero accident dalam Pengiriman u-shaped girder dengan total 2.902 kali perjalanan,” ujar Parwanto.

Dalam Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2015 beserta perubahannya, ADHI dinyatakan sebagai kontraktor pelaksana dari pembangunan Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi-LRT Jabodebek.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT