30 August 2020, 13:10 WIB

Pekerja Penerima Subsidi Gaji Diharapkan Borong Produk UMKM


Fachri Audhia Hafiez | Humaniora

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta pekerja formal nonaparatur sipil negara (ASN) yang menerima subsidi gaji sebesar Rp600 ribu untuk membelanjakan bantuan tersebut. Khususnya untuk membeli produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Saya harap teman-teman membelanjakan, konsumsi uang subsidi ini dan belanjakan produk UMKM kita," kata Ida dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk 'Subsidi Gaji Rp600 Ribu Ala Jokowi', Minggu (30/8).

Ida mengatakan membeli produk UMKM akan mendongkrak produksi para kegiatan usaha tersebut. Terlebih pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) telah menyalurkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif senilai Rp2,4 juta.

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Kucurkan Subsidi Pekerja sampai Desember

"Dengan ada bantuan presiden bantuan produktif untuk UMKM kita, teman-teman memiliki nafas untuk mengembangkan usaha mereka," ujar Ida.

Sinkronisasi bantuan untuk pekerja dan pelaku usaha tersebut diharapkan membuat kegiatan konsumsi kembali terdongkrak. Pelaku UMKM juga diharapkan mampu produktif kembali dengan merekrut tenaga kerja.

"Dengan demikian kita bisa tekan teman-teman yang akibat pandemi ini dirumahkan. Mereka bisa kembali bekerja dan pada akhirnya menyerap tenaga kerja," ujar Ida. (OL-1)

BERITA TERKAIT