30 August 2020, 05:32 WIB

Bandara Kertajati Siap Berangkatkan Haji 2021


Ifa/N-1 | Nusantara

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan menjadi embarkasi pemberangkatan jemaah haji 2021. Saat ini, Kementerian Agama sedang menyelesaikan pembangunan asrama haji di Indramayu.

BIJB akan menjadi embarkasi pemberangkatan bagi calon jemaah asal Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Sumedang. Selain itu, ada sekitar lima kabupaten/kota Jawa Tengah yang juga memberangkatkan calon jemaah hajinya melalui BIJB.

“Penyiapan asrama haji di Jawa Barat ini untuk memberi kemudahan dan layanan terbaik bagi calon jemaah haji,” terang Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi saat memberikan sambut an pada Sosialisasi Persiapan Penyelenggaraan Haji Tahun 1442 H/2021 M di Subang, kemarin.

Wamenag menyampaikan pihaknya terus mempersiapkan penyelenggaraan haji dengan sebaik-baiknya. Selain yang sifatnya fisik dan teknis, penguatan juga dilakukan pada aspek bimbingan ibadah.

Pembatalan keberangkatan 2020 akan dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas bimbingan. Calon jemaah haji akan mendapat kesempatan bimbingan ibadah lebih awal. Buku manasik diberikan lebih cepat untuk dipelajari sehingga tidak hanya dibaca ketika akan berangkat, tetapi juga benar-benar sudah dipahami ketika menuju Tanah Suci.

“Kemenag berkepentingan agar haji tidak hanya sukses dari sisi penyelenggaraan, tapi juga sukses dalam ibadah jemaah,” tandas Zainut Tauhid. Asrama haji Indramayu dibangun di dua tempat, yaitu Desa Legok, Kecamatan Lohbener, seluas 76.686 meter persegi dan Desa Lohbener seluas 1.352 meter persegi. Asrama didesain mirip Masjidil Haram.

“Kita bawa prototipe Mekah ke sini. Targetnya, pembangunan asrama haji selesai Desember 2020 sehingga musim haji 2021 sudah bisa digunakan,” ujar Kakanwil Kemenag Jabar Adib.

Asrama haji akan dilengkapi fasilitas perkantoran dan ruang pertemuan. Di lokasi itu juga rencananya dibangun rumah sakit dan museum haji terbesar di Asia. Pihaknya menargetkan semua pembangunan sudah tuntas pada 2024.

Selain sarana fisik, Kanwil Kemenag Jabar juga mening- katkan program akreditasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). “Performa dan kapasitas KBIH ditingkatkan agar dapat lebih baik melayani jemaah,” sebut Adib. (Ifa/N-1)

BERITA TERKAIT