29 August 2020, 22:00 WIB

Tamu Baralek di Agam Positif Korona, Sipangka Alek Tes Swab Massal


Yose Hendra | Nusantara

PELAYANAN di Puskesmas Palembayan, Kabupaten Agam, untuk sementara ditutup setelah seorang pasien di puskesmas itu positif covid-19.

Camat Palembayan Ridwan menyebutkan, pasien itu adalah tamu pesta pernikahan atau baralek di Nagari Ampek Koto Palembayan, Minggu (23/8).

Perempuan berinisial ALA itu berasal dari Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, yang sempat menginap di tempat pesta pada 20-27 Agustus.

"Pasien sampai di Palembayan, Kamis (20/8), Selasa (25/8) malam ia merasa kurang enak badan, lalu dibawa ke puskesmas untuk berobat dan langsung diswab," terangnya.

Baca juga: Tim Petir Tangkap Mentor Bimbel Penyekap Siswi

Esoknya, Rabu (26/8) sampel swab diantar ke Laboratorium RS Unand dan Kamis (27/8) ALA pulang ke Kabupaten Solok. Dan pada Jumat (28/8) hasil swab keluar yang dinyatakan positif covid-19.

Karena kontak dengan pasien, tenaga medis di Puskesmas Palembayan menjalani tes swab sehingga pelayanan di puksesmas untuk sementara ditutup hingga hasil swab keluar.

"Sesuai tracing yang dilakukan, kita akan melakukan swab test massal terhadap sipangka alek atau tuan rumah pesta dan warga sekitarnya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19," sebut Ridwan.

"Kita sudah koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, karena salah seorang warga daerah itu ditemukan positif covid-19, supaya dengan cepat dilakukan penanganan," imbuh Ridwan.

Dia juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Palupuah, karena mempelai pria berasal dari kecamatan itu, bahkan juga staf di kantor camat.

"Kita berharap pihak kecamatan melakukan swab test terhadp mempelai pria, untuk memutus mata rantai covid-19," ulasnya. (X-15)

BERITA TERKAIT