29 August 2020, 12:55 WIB

230 Tenaga Kontrak BPS di Sumedang Jalani Rapid Test


Tjondro Resmiati | Nusantara

BADAN Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat akan menggelar sensus penduduk nasional pada 1-30 September 2020. Setiap kelurahan dan kecamatan akan menyediakan relawan untuk membantu sensus penduduk itu. Salah satunya di Kabupaten Sumedang, tiap kelurahan dan kecamatan akan menyediakan relawan yang membantu sensus penduduk digelar BPS.

Ada 230 orang menjadi petugas sensus yang dikontrak oleh BPS Jawa Barat. Untuk menjadi petugas kontrak, mereka harus menjalani rapid test covid-19. Pelaksanaan rapid test diadakan di halaman Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Sabtu (29/8).

Dewi Mulyahati, staf BPS Jawa Barat menjelaskan apabila dari 230 petugas yang dikontrak itu ada yang reaktif covid-19, maka yang bersangkutan harus menjalani swab test. 

"Kami sudah mengajukan permohonan kerja sama dengan Pemprov Jabar apabila ada petugas yang dikontrak ini reaktif rapid test harus menjalani swab test," kata Dewi, Sabtu (29/8).

baca juga: Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Hanyut di Sungai Singkoyo

Dalam pelaksanaan sensus pun tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. Sensus dilakukan pararel dan door to door dan mewawancarai warga.

"Dalam masa pandemi seperti ini untuk mengurangi kontak tatap muka terlalu lama, banyak proses harus dilakukan dengan protokol covid-19. Jadi petugas kami nanti tidak wawancara menyeluruh. Hanya tinggal melakukan cross check dengan membawa list dari data digital adminduk yang sudah ada" pungkasnya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT