29 August 2020, 12:46 WIB

Pemkot Jakpus Buka Kawasan Khusus Pesepeda


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KONDISI Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin sangat dipadati oleh para pesepeda tiap akhir pekan. Padatnya pemakai sepeda cukup memusingkan Pemkot Jakarta Pusat. Sebab para pesepeda ini seringkali tidak tertib dalam berlalu lintas.

Untuk mengakalinya, Pemkot Jakpus pun membuka beberapa kawasan yang sebelumnya adalah kawasan khusus pesepeda (KKP) untuk para pesepeda bisa berlalu lintas.

"Ada kawasan yang kita buka lagi setelah sebelumnya ditutup. Karena Sudirman-Thamrin itu membludak sekali ya. Orang pada senang ke situ. Itu lokasi favoritlah. Padahal bersepeda di mana saja ya sama. Esensinya di sepeda, di olahraganya," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (29/8).

baca juga: Ruas Tol Dilintasi Sepeda Kebijakan Kontroversial

Kawasan-kawasan yang dibuka tersebut yakni di antaranya Jalan Gajah Mada dan kawasak Cempaka Putih. Kawasan itu sudah dibuka sejak pekan lalu dan berdasarkan hasil evaluasi bersama Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Ia berharap arus para pesepeda bisa terbagi ke jalan dan kawasan tersebut untuk mengurangi kepadatan para pesepeda di Sudirman-Thamrin.

"Iya berharapnya begitu. Kalau terlalu padat kan itu jaga jaraknya jadi sulit. Nanti malah timbul penularan," terangnya.

Sebelumnya pada 28 Juni lalu, Pemprov DKI mulai menyediakan 32 lokasi di seluruh kota administrasi yang dijadikan KKP. Namun, karena banyaknya pelanggaran protokol kesehatan KKP ditiadakan pada 16 Agustus lalu. (OL-3)

BERITA TERKAIT