29 August 2020, 06:58 WIB

Bioskop Lebih Aman ketimbang Restoran


Ins/J-2 | Megapolitan

PENERAPAN protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 di bioskop diklaim lebih aman. Alasannya penonton dalam posisi tidak berhadapan dan enggan berinteraksi dengan orang asing. Itu berbeda dengan kondisi di restoran yang memungkinkan pengunjung duduk berhadapan dan berkomunikasi.

Hal itu dikatakan anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta Dedi Kusuma Wijaya yang merujuk kajian para pakar yang berada di luar Indonesia dan review dari Cinema Safe, kemarin. “Penonton cenderung enggak berinteraksi dengan orang yang enggak dikenal. Ada penjelasan yang teknis soal udara di auditorium, sirkulasinya lebih baik karena ukuran auditorium lebih besar,” ujarnya.

Ia menambahkan, kursi di bioskop juga bisa diatur agar tidak berdekatan, sesuai dengan protokol kesehatan. “Sekitar 50 negara tetap membuka bioskop di tengah pandemi dan tidak menemukan kasus covid-19. Korea Selatan juga enggak pernah tutup,” kata Dedi.

Sutradara film Angga Dwimas Sasongko juga menyebut ruangan bioskop di Indonesia termasuk paling nyaman di dunia. Ia membandingkannya dengan bioskop di Amerika Serikat. “Bioskop Indonesia paling nyaman di dunia, kursinya lebar. Di Amerika sempit-sempit. Malaysia juga begitu, sempit. Kita enggak banyak gerak saat nonton,” terang Angga.

Rencana pembukaan bioskop di Jakarta mendapat tentangan dari DPRD DKI. Dewan meminta Gubernur Anies Baswedan mencari alternatif selain membuka tempat hiburan itu lantaran kasus covid-19 di Ibu kota meningkat hingga 36 ribu lebih. “Kalau memang mau ada hiburan, kenapa enggak dibuka layar tancap saja?” kata anggota DPRD DKI dari Fraksi PAN Lukmanul Hakim saat dikonfirmasikan, kemarin.

Ia mengingatkan Gubernur Anies untuk tidak menganggap enteng penularan covid-19 di tempat hiburan. Sebagai contoh, tambahnya, lingkungan Kantor DPRD DKI yang dianggap aman dari covid-19 justru ikut terpapar. (Ins/J-2)

BERITA TERKAIT