29 August 2020, 00:42 WIB

DKI Siapkan Aplikasi Permudah Pelacakan Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan aplikasi guna mempermudah pelacakan atau tracing pada pasien covid-19.

Aplikasi ini diperlukan sebab, pasien terpapar covid-19 kerap lupa dengan siapa mereka bertemu dalam 14 hari sebelumnys saat dilakukan wawancara oleh tim surveilans.

"Kita akan dibantu aplikasi supaya memudahkan. Kadang warga yang positif itu suka lupa, 14 hari terakhir itu ke mana saja. Sehingga itu menyulitkan untuk mencari kontaknya," kata Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta di Balai Kota, Jumat (28/8).

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penelusuran kontak yang dimiliki oleh Pemprov DKI.

Baca juga : Kapasitas RS Tersisa 30%, Ini Upaya Dinkes DKI

Seiiring dengan meningkatnya penelusuran kontak nanti, hal ini juga berpotensi meningkatkan jumlah warga yang harus dites usap. Oleh karenanya, hal ini juga harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan.

Sementara itu, ia juga berpendapat naiknya angka 'positivity rate' atau tingkat positif di Jakarta disebabkan penuluran kontak dan tes usap yang sudah sangat baik di Jakarta.

"Ya artinya dengan kami saat ini positivity rate-nya meningkat, tentu efektivitas contact tracing kita semakin bagus," tegasnya (OL-7)

BERITA TERKAIT