28 August 2020, 23:24 WIB

Jadwal Pembukaan Bioskop Diserahkan Ke Pengelola Bioskop


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

DALAM waktu dekat warga Jakarta bisa menyaksikan film di bioskop. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta menekankan untuk jadwal pembukaan bukan berada ditangan pihaknya.

"Kami menunggu permohonan dari si pelaku usaha, dalam hal ini si manajemennya (bioskop). Mereka mengajukan permintaan bahwa mereka sudah merasa siap," ungkap Plt Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (28/8).

DKI, kata Gumilar tidak memberikan waktu kapan harus dibuka bioskop-bioskop di Ibu kota. Menurutnya, jika pengelola bioskop sudah siap menerapkan protokol kesehatan, Pemprov bakal menyetujui jadwal pembukaan.

"(Jadwal) tergantung pemohon itu sendiri. Yang mengetahui kegiatan dan memahami secara pasti protokol dan SOP si pelaku usaha tentunya," ujar Gumilar.

Dalam menyetujui pembukaan bioskop pun, sebutnya, melalui proses tahapan. Pengelola bioskop bakal mengajukan ke Dinas Parekraf. Lalu bersama dinas seperti Dinas Kesehatan meninjau proposal dan standar operasional prosedur (SOP) pembukaan bioskop.

Baca juga : DPRD Sarankan Anies Buka Layar Tancap Ketimbang Bioskop

"Baru nanti dari situ diputuskan apakah diizinkan beroperasi atau tidak," tutur Gumilar.

"Sekarang kita ubah polanya. Bagi pengusaha yang sudah siap dan yakin sudah bisa membuka dengan protokol yang ketat, silakan. Kan tujuannya untuk kenyamanan dan kesehatan masyarakat," pungkas Gumilar.

Sebelumnya, Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menuturkan, dalam waktu dekat tempat hiburan tersebut dibuka ke publik.

"Awal september, sekitar tanggal 10 lah. Kita tunggu PSBB transisi di DKI diperpanjang atau atau tidak," ungkap Djonny kepada Media Indonesia, Jakarta, Kamis (27/8). (OL-7)

BERITA TERKAIT